Pengembangan Pondok Pesantren di Cilacap, Legislator PPP dan Pengasuh Ponpes Sepakat dengan Perda Pesantren

by -114 Views

Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Inna Hadianala bersama Pengasuh Pondok Pesantren Sepakat Adanya Perda Pesantren di Cilacap

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah, Inna Hadianala, bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap menggelar diskusi tentang Peraturan Daerah (Perda) Sinergitas dan Fasilitasi Pengembangan Pondok Pesantren di Hotel Aston Inn, Cilacap. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Cilacap yang merupakan anggota IPI, FKPP, LMI, PCNU, dan JPPP serta badan Muhammadiyah.

Dalam diskusi tersebut, Legislator dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bersama pengasuh pondok pesantren menyepakati pentingnya adanya Perda Pesantren untuk pengembangan Pondok Pesantren di Kabupaten Cilacap. Mereka sepakat bahwa setelah adanya Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Undang-undang Pesantren, serta Perda Nomor 10 Tahun 2023 tentang Sinergitas dan Fasilitasi Pengembangan Pondok Pesantren di Jawa Tengah, Kabupaten Cilacap harus segera memiliki Perda Pesantren.

Lebih lanjut, Inna Hadianala menyampaikan bahwa pentingnya pemerintah hadir dalam mengembangkan tiga fungsi Pondok Pesantren, yaitu pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan. Dia juga menegaskan bahwa Kabupaten Cilacap dengan jumlah Pondok Pesantren yang terbanyak kedua di Jawa Tengah perlu memiliki Perda Pesantren untuk mengintegrasikan pendidikan formal dan non formal.

Nala juga menyatakan bahwa dengan adanya Perda Pesantren, Kabupaten Cilacap akan memiliki anggaran yang lebih besar untuk pengembangan 256 Pondok Pesantren di wilayah tersebut. Dia berharap agar masyarakat dan pemerintah dapat mendukung lahirnya Perda Pesantren di Kabupaten Cilacap untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pewarta: Satria Galih Saputra
Editor: Mahrus Sholih

sumber: https://www.suaranetwork.com/pengembangan-ponpes-di-cilacap-legislator-ppp-bersama-pengasuh-ponpes-sepakat-adanya-perda-pesantren/