Kesadaran Warga Ngawi Dalam Membuang Sampah Belum Optimal

by -43 Views

Sampah berserakan di Jalan Ahmad Yani, Beran, pasca pagelaran NSC. (Foto: Ari Hermawan/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, NGAWI – Pemandangan di sejumlah ruas jalan usai pagelaran Ngawi Specta Carnival (NSC) membuat miris. Sampah-sampah terlihat berserakan memenuhi jalan. Terutama ruas jalan yang dilalui NSC.

Jalan tersebut yakni di sepanjang Jalan PB Sudirman, A Yani, dan S Parman. Ini menjadi bukti bahwa kesadaran masyarakat Ngawi agar membuang sampah pada tempatnya sangatlah rendah.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Buklis Hani Restu Luhur, saat dikonfirmasi mengaku terdapat lima truk yang mengangkut sampah pasca NSC.

“Sementara kami sudah mengangkut sampah dari penonton NSC sebanyak 5 truk sampah, perkiraan bisa sampai 8 hingga 10 truk,” ungkap Hani saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp.

“Kami sudah melakukan langkah-langkah untuk kebersihan dalam kegiatan NSC, kami bagi tugas per wilayah,” kata Hani.

Sumarno warga Ngawi salah satu penonton NSC ketika ditanya awak media soal sampah yang berserakan di sejumlah ruas jalan ia meminta kesiapan Pemkab dalam mensosialisasikan terkait sampah.

“Meskipun ini kewajiban dalam membuang sampah, tetapi warga perlu diingatkan. Soal pagelaran NSC ini kan diselenggarakan setiap tahun, seharusnya pemerintah mensosialisasikan,” ujarnya.

“Tidak hanya kegiatannya saja yang diinformasikan, tetapi penonton perlu diingatkan,” ucap Sumarno menambahkan.

Aktivis lingkungan hidup Arya mengungkapkan, kurangnya fasilitas tempat pembuangan sampah di sekitar area NSC membuat masyarakat cenderung membuang sampah di sembarang tempat.

“Yang pasti harus diperbanyak tempat pembuangan sampah dari semua kegiatan yang mendatangkan orang banyak. Perlu disosialisasikan beberapa titik tempat sampah yang disediakan,” terang Arya.

“Sehingga jangan kemudian ini menjadi budaya dan kebiasaan masyarakat berperilaku membuang sampah sembarangan,” tuturnya.

Pewarta: Ari Hermawan
Editor: Mahrus Sholih

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA