Pj Bupati Cilacap Mendorong Masyarakat Mengoptimalkan Lahan Pekarangan menjadi Produktif

by -45 Views

Pj Bupati Cilacap Dorong Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan Menjadi Lahan Produktif

Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri bersama Kadishanpan, Forkopimcam Adipala, dan instansi terkait, menunjukkan hasil budidaya petani Desa Karanganyar di Gerai Pangan Segar. (Foto: istimewa)
SUARA INDONESIA, CILACAP – Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri meresmikan Gerai Pangan Segar Buah dan Sayur di Desa Karanganyar Kecamatan Adipala, Kamis (18/7/2024). Peresmian tersebut ditandai dengan pemotongan pita, didampingi oleh Kepala Dishanpan Cilacap Sigit Widayanto.

Gerai Pangan Segar yang dimiliki oleh kelompok tani dan diresmikan oleh Pj Bupati ini berfungsi sebagai tempat penampungan produk Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dari petani. Selain itu, gerai ini digunakan untuk penyortiran, packaging, pengiriman, dan penjualan kepada pedagang besar di pasar.

Petani di Desa Karanganyar telah berhasil mengubah lahan pekarangan menjadi lahan produktif dengan budidaya tanaman holtikultura seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Tanaman sayuran yang ditanam meliputi pokcoy (sawi), kacang panjang, pare, terong, bawang merah, dan cabai. Sedangkan tanaman buah meliputi pepaya, melon, dan anggur.

Budidaya ini terinspirasi dari studi tiru di PPHPM Purwobinangun, Pakem Sleman, dan berhasil diimplementasikan. Petani dari 5 RW di Desa Karanganyar berhasil mensuplai 10 ton hasil budidaya per hari, dengan masing-masing RW menyuplai 2 ton yang tersebar ke delapan pasar di Kabupaten Cilacap. Pendapatan yang diperoleh juga cukup menguntungkan.

Pj Bupati menobatkan Desa Karanganyar sebagai Desa percontohan dan mendorong masyarakat di Cilacap untuk mengoptimalkan lahan pekarangan menjadi lahan produktif guna mendukung ketersediaan pangan di daerah tersebut. Langkah ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan Gerakan Pemanfaatan Lahan Pekarangan.

Kepala Dishanpan Kabupaten Cilacap, Sigit Widayanto, berharap dengan pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya sayur dan buah, kebutuhan sayuran dapat terpenuhi secara mandiri dari lahan budidaya sendiri. Selain itu, diharapkan juga dapat menambah kecukupan gizi keluarga sehingga masalah kurang gizi yang menjadi penyebab stunting dapat teratasi.

Selain manfaat tersebut, Sigit juga menekankan bahwa pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya sayur dan buah dapat meningkatkan penghasilan tambahan bagi keluarga. Dengan upaya ini, diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Cilacap.

Selain meresmikan Gerai Pangan Segar, Pj Bupati Awaluddin bersama Kadishanpan, Forkopimcam setempat, dan dinas instansi terkait juga melakukan penanaman dan panen bawang merah serta cabai.

(Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA)

Pewarta: Satria Galih Saputra
Editor: Mahrus Sholih