Anggota TNI di Cilacap Turun Tangan Bantu Petani Membasmi Hama Wereng dan Meningkatkan Produktivitas Padi di Sawah

by -292 Views

Anggota Koramil 16/Wanareja Serda Wachid bersama sejumlah petani melakukan penyemprotan hama wereng di sawah. (Foto: Humas Pendim untuk Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, CILACAP – Dianggap mengancam produktivitas padi, Anggota Koramil 16/Wanareja Serda Wachid bersama sejumlah petani melakukan penyemprotan hama wereng di sawah milik Kelompok Tani (Poktan) Sido Makmur Desa Sidamulya, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Senin (15/7/2024).

Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya memerangi hama wereng yang mulai datang. Adapun kegiatan dibantu petugas dari UPT Penyuluh Pertanian Wanareja.

Serda Wachid menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya mendukung program ketahanan pangan yang terus digalakkan oleh TNI dan pemerintah daerah.

“Kami bersama UPT Penyuluh Pertanian Kecamatan Wanareja telah berkomitmen untuk membantu petani di wilayah dalam menjaga serta meningkatkan hasil panen,” katanya.

Menurut Wachid, hama wereng merupakan salah satu ancaman terbesar bagi produktivitas tanaman padi, yang menjadi sumber pangan utama bagi masyarakat.

“Oleh karena itu, penyemprotan hama wereng ini salah satu langkah konkret kami dalam upaya menjaga hasil panen,” ujar Babinsa Desa Sidamulya ini.

PPL UPT Penyuluh Pertanian Kecamatan Wanareja Ardi menyampaikan, kerja sama dengan TNI menurutnya sangat membantu dalam mempercepat penanganan hama di lapangan.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, hasil panen padi dapat meningkat dan ketahanan pangan di wilayah Wanareja dapat terjaga dengan baik,” ujar Ardi

Sementara Anggota Poktan Sido Makmur Agus menyambut baik kegiatan yang dilakukan tersebut. Ia mengaku, masalah hama wereng selama ini menjadi kendala bagi para petani di wilayahnya.

“Terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan dalam mengatasi masalah hama wereng di lahan pertanian kami. Harapannya ketahanan pangan di wilayah kami dapat terjaga, dan kesejahteraan petani dapat meningkat,” kata Agus.

Pewarta: Satria Galih Saputra
Editor: Mahrus Sholih

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

—————————————–

Selengkapnya bisa dibaca di sumber:
https://cdn.suaranetwork.com/images/2024/07/15/4902f91e3191.jpg

Referensi:
https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMLiemwsw_KizAw?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen

— Akhir dari artikel —