Pelaku Penyamar Pemancing Marak Pencurian Ikan Bandeng di Desa Marparan Sampang

by -89 Views
Berita

Ikan Bandeng. (Foto: Hoirur Rosikin/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SAMPANG – Penduduk di kepulauan Desa Marparan, Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, resah akibat ulah pencuri ikan bandeng. Karena hingga kini, pencuri yang berpura-pura sebagai pemancing belum tertangkap.

Belum terungkap siapa pencuri ikan budidaya tambak tersebut, karena pelaku beraksi sore hari sebelum Maghrib. Terlebih lagi, di daerah tambak tersebut cukup ramai dengan orang-orang dari luar pulau yang ingin memancing.

Penduduk Desa Marparan, Seli (59) menyaksikan langsung kejadian pencurian tersebut. Saat itu, ia sedang menuju ke tambak. Setelah kembali dari tambak menjelang Maghrib, ia melihat seorang pemancing yang mencurigakan. Kemudian, ia langsung menegur pemancing tersebut.

“Saya melihat adanya jaring di dalam tambak yang dia pancing. Saya juga tidak melihat pemilik tambak di sana. Setelah saya menegurnya dan pulang untuk memanggil pemilik tambak, pelaku sudah melarikan diri,” jelasnya, Rabu (01/05/2024).

Menurut Seli, pelaku tidak sendirian. Mereka berjumlah sekitar lima orang yang berada pada posisi yang terpisah. Para pelaku menggunakan dua sepeda motor, Vario merah dan Beat putih. “Itulah yang saya lihat,” katanya.

Muna (39), warga Desa Marparan, juga mengalami hal serupa. Ketika pulang dari pelabuhan, ia melihat seorang pemancing yang membawa banyak ikan bandeng. Namun sebelum ia menegurnya, mereka sudah pergi.

“Saya tidak tahu dari mana mereka mendapat ikan tersebut,” katanya, Rabu (01/05/2024).

Sementara itu, Kapolsek Sreseh, Iptu Bambang menjelaskan bahwa ada warga yang melaporkan kejadian tersebut. Setelah menerima laporan, ia langsung mendatangi kepulauan Desa Marparan.

Karena menurutnya, informasi yang diterimanya adalah bahwa pelaku ditahan oleh warga di daerah pelabuhan Marparan. Saat tiba di lokasi, memang ada warga yang menegur pemancing, namun setelah diperiksa tidak ditemukan bukti atau pelaku.

“Ketika diinterogasi, dia hanya seorang pemancing biasa, bukan pencuri. Oleh karena itu, kami tidak menangkapnya,” ujarnya.

Hingga saat ini, pelaku pencurian ikan bandeng yang meresahkan tersebut belum terungkap. Penduduk diminta untuk waspada jika melihat orang asing yang mencurigakan. Jika ada yang dicurigai sebagai pencuri, segera laporkan ke polisi dan jangan bertindak sendiri. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Hoirur Rosikin
Editor : Mahrus Sholih