Banjir Merendam Tiga Desa di Kecamatan Paron Ngawi Sejak Sore Hari

by -97 Views

Banjir melanda wilayah Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, pada malam Minggu (21/4/2024). (Foto: Ari Hermawan/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, NGAWI – Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Ngawi, Jawa Timur, sejak Minggu sore menyebabkan tiga desa di Kecamatan Paron terendam banjir. Ketiga desa tersebut adalah Desa Kedungputri, Desa Tempuran, dan Desa Dawu.

Kepala Desa Kedungputri, Tri Wahyudiono, mengatakan bahwa banjir di wilayahnya disebabkan oleh meluapnya sungai T, yang mengakibatkan air masuk ke jalan raya dan rumah-rumah warga. “Banjir sering terjadi karena meluapnya sungai T. Daerah dusun Kembangan sering terdampak karena berdekatan dengan sungai,” ujar Triwahyudiono pada Minggu petang.

Meskipun demikian, Triwahyudiono menjelaskan bahwa banjir di wilayahnya surut dengan cepat. Dia mengatakan bahwa air sungai mengalir dengan deras dan mempengaruhi wilayah di bawahnya, yaitu Desa Tempuran dan Desa Dawu. “Banjir ini cepat surut, paling lama dalam 3 jam tergantung pada intensitas hujan. Air cepat mengalir ke bawah, dan yang paling terdampak adalah Desa Tempuran dan Desa Dawu,” jelasnya.

Hingga berita ini dimuat, sejumlah Tim SAR, relawan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ngawi terlihat siaga di lokasi kejadian. “Kami akan tetap berjaga-jaga sampai air surut sepenuhnya, untuk memastikan tidak ada korban jiwa. Karena hujan masih terjadi, kami perlu melakukan langkah awal antisipasi,” ujar Kus, relawan SAR dari Banser. (*)

» Baca berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta: Ari Hermawan
Editor: Mahrus Sholih