Antusias Pemprov Jatim Menyambut Hari Santri dengan Gelora Peringatan

by -537 Views

Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan para Kiai saat menandatangani lembar komitmen untuk mendukung Hari Santri 2024 di Unusa. Foto: Rangga untuk Suara Indonesia

SUARA INDONESIA, SURABAYA – Gelombang peringatan Hari Santri tahun 2024 dengan tema utama ‘Hari Santri Menyambung Juang Meraih Masa Depan’ akan diisi dengan serangkaian acara yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kamis (17/10/2024).

Hal itu diungkapkan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Jawa Timur, Bobby Soemiarsono bersama Rais Syuriah PWNU Jatim KH Anwar Manshur, Ketua Tanfiziyah PWNU Jatim KH Abdul Hakim Mahfudz, dan Rektor Unusa Prof. Achmad Jazidie.

“Bobby menyatakan komitmen bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut dan turut serta dalam mensukseskan pelaksanaan Hari Santri 2024 di Jawa Timur.”

Sementara itu, Gus Kikin optimis bahwa Hari Santri memiliki makna yang mendalam dalam sejarah perjuangan kemerdekaan dari para Kiai dalam membantu mewujudkan Indonesia damai. Dia menyampaikan rasa syukur atas doa, riyadhoh, dan pengorbanan, bahkan nyawa, yang ditaruh dalam perjuangan sebagai kekuatan.

“Hari Santri adalah hari bersejarah bagi NU ketika menunjukkan kekuatannya dalam menjaga kemerdekaan Indonesia. Ini juga merupakan hari untuk menunjukkan kepada dunia peran NU dalam menjaga kemerdekaan Indonesia melalui doa, riyadhoh, dan pengorbanan nyawa,” katanya.

Dia menambahkan bahwa peringatan Hari Santri harus dijadikan pengingat bahwa perjuangan para Kiai dan ulama melawan penjajah Inggris adalah tonggak bagi para Nahdliyin.

Oleh karena itu, Hari Santri harus dijadikan bekal untuk meneladani perjuangan para Kiai yang dimulai dari pondok pesantren dalam melawan penjajah.

“Semoga dengan mengenang perjuangan para Kiai dari pondok pesantren, Hari Santri 2024 akan menjadi hari yang istimewa bagi Nahdliyin,” tandasnya.

“Hari Santri ini bisa diibaratkan sebagai hari raya bagi para santri,” tambahnya.

Rektor Unusa Prof. A. Jazidie merasa bangga karena dipercaya menjadi tuan rumah Kick Off Hari Santri PWNU Jawa Timur 2024. Menurutnya, UNUSA dipilih sebagai lokasi pembuka seluruh rangkaian peringatan Hari Santri PWNU Jatim tahun 2024 karena menjadi bagian dari NU.

Dia juga mengundang warga NU untuk menggelar berbagai kegiatan NU di kampus Unusa Surabaya.

Pewarta: Rangga

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta: Yulian (Magang)

Editor: Imam Hairon