Program Budidaya Ikan Koi untuk Meningkatkan Kemandirian Warga Binaan di Lapas Bangkinang

by -27 Views

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bangkinang terus berinovasi dalam memberdayakan warga binaannya melalui berbagai program kemandirian. Salah satu cara untuk memberdayakan mereka adalah melalui program budidaya ikan koi.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan warga binaan dan mendukung upaya produktif dalam pembinaan dan kemandirian reintegrasi,” ujar Kalapas Bangkinang, Edi Cahyono.

Program pembinaan ini telah memberikan dampak positif bagi warga binaan, terutama dalam meningkatkan keterampilan yang nantinya diharapkan bisa berdampak pada ekonomi. Ikan koi memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran, sehingga hasil dari program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan kualitas pembinaan di Lapas Bangkinang.

Petugas Lapas Bangkinang yang berpengalaman turut memandu program pengembangbiakan ikan ini untuk memberikan pengetahuan dasar kepada warga binaan. Tujuannya adalah agar mereka dapat mengaplikasikan usaha budidaya ikan koi tersebut di masa depan.

Diharapkan, pelatihan budidaya ikan koi ini juga dapat menjadi bekal bagi warga binaan setelah mereka bebas nantinya. Hal ini diharapkan dapat membuat mereka menjadi insan yang produktif, mandiri, serta dapat berperan aktif dalam pembangunan tanpa mengulangi perbuatan yang melanggar hukum.

Artikel ini disusun oleh Yudha Pratama dan diedit oleh Mahrus Sholih.