Petani Cabai di Plandaan Jombang Senang dengan Kenaikan Harga yang Terus Merangkak

by -39 Views
Berita

Lutfi, salah seorang petani saat memanen cabai di lahan Desa/Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (03/08/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG – Harga cabai di petani terus merangkak naik. Saat ini harganya mencapai sekitar Rp 70 ribu per kilogram. Kenaikan harga cabai ini memberikan kebahagiaan bagi petani bumbu pedas tersebut. Salah satunya adalah Lutfi, seorang petani cabai di Desa/Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Saat panen cabai, Lutfi mengungkapkan bahwa luas lahan tanamannya hanya 100 meter persegi dengan 400 batang cabai ditanam. “Biasanya setiap panen menghasilkan 40-60 kilogram cabai merah. Saat ini harga cabai merah mencapai Rp 70 ribu per kilogram dan cabai hijau Rp 25 ribu di tingkat petani,” kata Lutfi, Sabtu (03/08/2024).

Lutfi menjelaskan bahwa biaya yang dikeluarkannya dari penanaman hingga panen sekitar Rp 1,5 juta. Dia harus memberikan air dua kali seminggu karena musim kemarau. “Panen dilakukan seminggu sekali. Penyemprotan dilakukan setiap habis panen untuk hasil yang maksimal,” jelasnya.

Lutfi menambahkan bahwa harga cabai belakangan ini terus mengalami kenaikan, memberikan keuntungan tambahan bagi petani cabai seperti dirinya. “Semoga cuaca mendukung dan panen cabai bisa maksimal, karena saat ini musim kemarau juga ada hama, maka perawatan ekstra harus terus dilakukan agar hasil panen melimpah,” tambahnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih