Pemerintah Kabupaten Bondowoso Melalui Badan Standardisasi Kendaraan Bermotor Keliling (BSBK) Melakukan Uji Coba Aset Manfaat Publik (AMP) di Beberapa Lokasi Jalan yang Mengalami Kerusakan.

by -161 Views

Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Bina Marga Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi (BSBK) melakukan uji coba unit produksi campuran aspal atau Asphalt Mixing Plant (AMP) di beberapa jalan rusak. Uji coba dilakukan di Kecamatan Pujer dan Tegalampel yang kondisi jalannya parah. Jenis hotmix yang diuji berupa Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC), Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC), dan Hot Roller Sheet (HRS).

Plt Kepala Dinas BSBK Bondowoso, Ansori, mengatakan bahwa masih ada dua AMP yang akan diuji spesifikasi materialnya. Kriteria yang digunakan sesuai dengan spesifikasi teknis tahun 2018, termasuk ACWC, ACBC, dan HRSWC dengan ketebalan aspal yang berbeda. Jika AMP masih memenuhi spesifikasi teknis pengaspalan, akan dilakukan uji coba ulang hingga memenuhi kriteria yang dibutuhkan.

Adapun pengertian dari Asphalt Mixing Plant (AMP) adalah kontraktor pengaspalan hotmix yang menyediakan layanan jasa pengaspalan dan kontraktor jalan. AC-WC merupakan lapisan penutup yang dipadatkan dalam kondisi panas, sedangkan AC-BC merupakan bagian dari lapisan aspal beton yang terdiri dari campuran aspal keras dan agregat. HRSWC adalah campuran aspal dengan sifat elastisitas tinggi.

Editor: Imam Hairon.