Banjarnegara Banjir Daging 25 Ribu Kilogram, Menjadi Perhatian Publik

by -133 Views
Berita
Desa di Banjarnegara Banjir Daging 25 Ribu Kilogram

Tumpukan daging kurban di Desa Batur, Kabupaten Banjarnegara, tampak melimpah. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, BANJARNEGARA- Dusun kecil di kawasan tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, kini telah menjadi perhatian publik. Pasalnya pada Idul Adha 2024 ini, warganya telah berkurban sebanyak 74 ekor sapi dan 293 ekor kambing.

Ketua panitia kurban Dusun Krajan Desa Batur, Ahmad Hidayatusibhan mengatakan, jika Idul Adha tahun ini ada penambahan jumlah hewan kurban, pada 2023 lalu sapi sebanyak 73 ekor dan kambing 229 ekor.

“Alhamdulillah Idul Adha tahun ini ada peningkatan jumlah kurban, yakni untuk sapi sebanyak 74 ekor, sementara untuk kambing sebanyak 293 ekor,” katanya kepada wartawan, Senin (17/6/2024).

Ditambahkan Ahmad Hidayatusibhan, jika proses penyembelihan hewan kurban tersebar di beberapa titik di Dusun Krajan, setelah proses penyembelihan selesai daging kurban dikumpulkan di aula Muhammadiyah Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Batur.

“Usai penyembelihan, daging kurban diangkut dengan mobil untuk dibawa ke aula Muhammadiyah Dusun Krajan, selanjutnya dibungkus untuk dibagikan kepada warga yang telah diberi kupon,”imbuhnya.

Sementara Kepala Desa Batur Ahmad Fauzi mengatakan bahwa, pada Idul Adha 2024 di wilayahnya jumlah hewan kurban mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

“Pada tahun lalu jumlah sapi kurban sebanyak 189 ekor, untuk tahun ini menjadi 200 ekor sapi, sementara untuk kambing 416 menjadi 468 ekor,” katanya.

Menurut Ahmad Fauzi, daging kurban tahun ini sebanyak 25 ton atau 25 ribu kilogram, selain dibagikan untuk warga Desa Batur juga dibagikan kepada setiap orang yang datang di aula Muhammadiyah Krajan dan dibagikan kepada warga di luar kabupaten.

“Mayoritas warga Krajan merupakan para petani yang rajin menabung uang selama 11 bulan untuk berkurban,” tandasnya. (*)

ยป Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Iwan Setiawan
Editor : Mahrus Sholih