Liga Progresif U-15 Membangkitkan Pembinaan Sepak Bola Surabaya dengan Babak Baru

by -177 Views

Sebanyak 12 tim Sekolah Sepak Bola (SSB) telah menjalani laga terakhir dalam Liga Progresif Kategori Usia (KU-15) di Lapangan Poral, Lidah Wetan, Surabaya, pada Kamis (23/05/2024). Tim Reza Mahasiswa berhasil menjadi juara dan membawa pulang trofi Liga Progresif KU-15 setelah satu tahun berkompetisi dengan sistem home away. Di posisi kedua ada Akademi Bhayangkara, sementara posisi ketiga ditempati oleh Kelcest Akademi Soccer (KSA).

Turnamen Liga Progresif KU-15 ini dilakukan atas inisiatif SSB Mitra Surabaya dengan pendanaan mandiri, dan mendapat apresiasi dari PSSI Askot Surabaya. Sekretaris PSSI Askot Surabaya, Guntur, mengatakan bahwa ke depan Liga Progresif dapat ditingkatkan untuk menjadi kompetisi yang membuka jalur prestasi pendidikan dari tingkat SMP hingga universitas.

Koordinator Pelaksana, Emil Indra Gunawan, menyatakan bahwa kompetisi usia dini ini mendapat dukungan penuh dari PSSI Askot Surabaya. Rencananya, akan diadakan liga serupa dengan 2 kelompok usia pada tahun ini setelah kesuksesan Liga Progresif I.

Ketua Umum Mitra Surabaya, Abdullah, sebagai penggagas kompetisi, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan acara ini. Dia optimis bahwa liga ini akan terus berkembang baik dari segi kuantitas maupun kualitas di masa depan.

Di liga ini, terdapat 12 tim peserta antara lain SSB Mitra Surabaya, SSB Pelindo, SSB El Faza, Bhayangkara Akademi, Rungkut FC, Dwikora FC, Colombo FC, SSB Reza Mahasiswa, Kelcest Akademi Soccer (KSA), Bromo FC, Laskar Muda, dan Gartifa.

Artikel ini ditulis oleh Lukman Hadi dan diedit oleh Mahrus Sholih.