Gerindra, Demokrat, dan PKS Bondowoso Bersiap untuk Mengusung Calon Bupati Sendiri dalam Bentuk Poros Baru

by -113 Views

Dewan Pengurus Cabang (DPC) Gerindra, Demokrat, dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyatukan persepsi untuk membentuk poros baru dengan membentuk koalisi Bismillah di Hotel Grand Padis Bondowoso, Jawa Timur, pada Rabu (8/5/2024).

Tiga partai politik ini telah sepakat untuk membentuk koalisi Bismillah guna menjaring dan mengusung Calon Bupati (Cabup) sendiri dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Dalam kesepakatan tersebut, hadir Ketua DPC Gerindra Bondowoso Setyo Budi, Ketua DPC Demokrat Subangkit Adiputra, dan Ketua DPD PKS Ketut Yudi Kartiko.

Setyo Budi, selaku Koordinator koalisi Bismillah, menjelaskan bahwa koalisi ini bertujuan untuk mengusung Calon Bupati yang mampu membuat perubahan positif di Bondowoso. Dengan jumlah kursi yang dimiliki masing-masing partai, yaitu Gerindra 4 kursi, Demokrat 3 kursi, dan PKS 2 kursi, koalisi ini memiliki total 9 kursi untuk mengusung Pasangan Calon dalam Pilkada 2024 di Bondowoso.

Koalisi Bismillah fokus untuk menghadapi Pilkada 2024, namun belum mengumumkan nama Calon yang akan diusung. Mereka masih membuka peluang bagi siapa pun yang ingin bergabung dalam koalisi ini.

Selain itu, PDIP Bondowoso, dengan 5 kursi di DPRD, juga telah membuka pendaftaran bagi Calon yang akan direkomendasikan untuk diusung dalam Pilkada. Sementara Golkar dan Gelora masih belum menentukan sikap terkait Pilkada.

Di tengah dinamika politik yang semakin intens, para partai politik di Bondowoso terus bergerak untuk menyusun strategi menghadapi Pilkada 2024.