Dinas Pertanian Akan Membagikan Bantuan Pompa Air kepada Kelompok Tani di Jember

by -73 Views

Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Jember akan mendistribusikan bantuan pompa air dari Kementerian Pertanian kepada kelompok tani di kabupaten tersebut. Sebagai langkah awal, dinas melakukan sosialisasi dan pengarahan kepada calon penerima di aula dinas TPHP, Rabu (24/04/2024).

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian TPHP Kabupaten Jember, Luhur Prajogo, mengatakan bahwa bantuan pompa air tersebut akan diberikan kepada seluruh kelompok tani. Harapannya, setelah bantuan tersebut didistribusikan, tidak akan ada lagi kendala dalam pengairan.

“Pada tahap pertama ini, kita mendapatkan bantuan alat mesin pertanian berupa pompa air sebanyak 28 unit. Selanjutnya, kita akan menerima bantuan sesuai dengan pengajuan kelompok tani,” jelasnya.

Selain pompa air, kelompok tani yang membutuhkan dukungan alat mesin pertanian (alsintan) lainnya dapat mengajukan permohonan kepada pemerintah. Misalnya, seperti mesin pemanen padi atau combine, mesin tanam, dan lain-lain.

Dia juga meminta agar pompa air yang didistribusikan tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal, sehingga dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan luas area tanam di wilayah kelompok tani masing-masing. Hal ini diharapkan dapat mengantisipasi ancaman krisis pangan akibat cuaca ekstrem.

Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Kasdim 0824/Jember, Mayor Inf Herawady Karnawan, yang mewakili Dandim 0824/Jember, Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso. Menurutnya, bantuan pompa air ini merupakan bagian dari upaya untuk mengantisipasi krisis pangan akibat perubahan iklim yang tidak pasti.

Dia juga meminta agar bantuan yang diterima dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan produksi pertanian. Salah satunya dengan perluasan areal tanam dan penambahan lahan baru. Harapannya, tanaman yang sebelumnya hanya ditanam sekali setahun karena kurangnya irigasi, dengan adanya mesin pompa ini dapat ditanam dua hingga tiga kali setahun. Selain itu, juga dapat menambah luas lahan tanam, mengubah lahan kering menjadi lahan basah atau sawah.

Dan dia mengingatkan agar bantuan pompa air ini diterima, digunakan, dan dirawat dengan baik. Sehingga dapat memberikan manfaat optimal bagi petani dalam peningkatan produksi pertanian.