RSUD Cilacap Memaksimalkan Pelayanan Saat Libur Lebaran

by -107 Views

Direktur RSUD Cilacap dr. Moch Ichlas Riyanto (kanan) didampingi Kepala Bidang Pelayanan Medis dr. Yuyung Budiwaskito. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP – Menghadapi liburan panjang selama perayaan Hari Raya Idul Fitri 2024, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilacap telah melakukan persiapan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Dalam menghadapi liburan yang panjang ini, khususnya pada perayaan Idul Fitri 2024, RSUD Cilacap telah melakukan berbagai persiapan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” ungkap Direktur RSUD Cilacap dr. Moch Ichlas Riyanto saat ditemui pada Kamis (28/3/2024).

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah meningkatkan efisiensi pada layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dengan adanya jaga 24 jam dan penambahan tenaga medis untuk membantu pelayanan di IGD. Selain itu, juga dilakukan penambahan tempat tidur dan alat kesehatan untuk mendukung pelayanan yang lebih optimal.

“Kita menambah 10 tempat tidur cadangan untuk menampung pasien apabila terjadi peningkatan kasus, serta menambahkan alat kesehatan yang diperlukan. Untuk tempat tidur yang sudah ada, totalnya sudah ada 23 tempat tidur,” papar Ichlas.

RSUD Cilacap juga telah menyiapkan beberapa dokter jaga untuk pasien rawat inap. “Kita sudah menyiapkan dokter yang berjaga di IGD, sekitar 4-5 dokter. Selain itu, juga ada dokter konsultan dan jadwal layanan selama liburan juga telah disiapkan,” tambah Ichlas.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Cilacap dr. Yuyung Budiwaskito juga menekankan bahwa rumah sakit siap menerima pasien dari manapun dan memberikan pelayanan maksimal selama 24 jam penuh.

“Kami sudah rapatkan segalanya sebelumnya untuk kesiapan menghadapi liburan, terutama Idul Fitri, dan kami sudah melakukan semua persiapan yang diperlukan,” kata Yuyung.

“Polanya hampir sama karena jalur mudik masuk ke wilayah Cilacap, sehingga kami siap menerima saudara-saudara kita yang mungkin membutuhkan pelayanan kesehatan,” tambahnya.

Artikel ini ditulis oleh Satria Galih Saputra dan diedit oleh Mahrus Sholih.