PT Agincourt Resources Mengadakan Kembali Operasi Katarak Gratis di Pematangsiantar pada Tahun 2023

by -133 Views

PT Agincourt Resources, Pengelola Tambang Emas Martabe, mengadakan Operasi Katarak Gratis 2023 dengan tema “Buka Mata Lihat Indahnya Dunia” di RS Mata Siantar, Jalan Kartini, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, pada Jumat (20/10). Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 20-21 Oktober 2023, dengan target 300 pasien penderita katarak yang berada di wilayah Pematangsiantar dan sekitarnya.

Operasi Katarak Gratis 2023 ini menargetkan untuk menjalankan operasi gratis sebanyak 1.300 mata (pasien). Sebelumnya, PT Agincourt Resources telah berhasil melaksanakan Operasi Katarak Gratis dengan total sebanyak 760 mata dari 725 pasien di Rumah Sakit Bhayangkara, Batangtoru, dalam periode 10 September hingga 12 Oktober 2023. Selain itu, operasi katarak juga dilakukan di RSUD Sipirok pada tanggal 11-12 Oktober 2023 dengan hasil operasi sebanyak 101 mata dari 96 pasien.

Katarina Hardono Siburian, Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources, menjelaskan kepada media bahwa setelah berhasil mengadakan Operasi Katarak Gratis di Tapanuli Selatan, perusahaan akan melaksanakan Operasi Katarak Gratis di dua titik lainnya, yaitu RS Mata Siantar di Kota Pematangsiantar pada tanggal 20-21 Oktober, dan RS Mata Mencirim 77 Medan pada tanggal 11-12 November mendatang.

Katarina menyampaikan, “Pada Operasi Katarak tahun 2023, PT Agincourt Resources bekerja sama dengan RS Mata Mencirim 77 Medan yang telah memiliki pengalaman selama 18 tahun dalam melakukan operasi katarak. Di Batangtoru, kerjasama dilakukan dengan Polri dan menggunakan fasilitas RS Bhayangkara. Sedangkan di Sipirok, ibukota Tapanuli Selatan, kerjasama dilakukan dengan RSUD Sipirok.”

Program Operasi Katarak Gratis 2023 ini merupakan bagian dari kegiatan penyaluran dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di dalam dan di luar area tambang. PT Agincourt Resources memiliki lima pilar utama dalam menyalurkan dana CSR, yaitu bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pemberdayaan ekonomi lokal atau usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta bidang sosial budaya. Dana CSR yang paling besar digunakan pada bidang kesehatan untuk masyarakat.

Andreas Sagala (70 tahun), salah satu pasien Operasi Katarak Gratis, mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia mengungkapkan, “Puji Tuhan operasi katarak tadi berjalan dengan lancar. Saya juga datang bersama istri saya ditemani anak saya dari Kabupaten Samosir dan kami sedang menunggu istri saya yang juga sedang antre untuk operasi katarak.” Andreas berterima kasih kepada perusahaan karena telah memberikan kesempatan untuk mengatasi masalah katarak yang telah ia alami selama sekitar 1 tahun.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Operasi Katarak 2023 PT Agincourt Resources, Dedi Bugis, menjelaskan bahwa dalam kegiatan di Kota Pematangsiantar melibatkan 15 relawan yang berasal dari Universitas Simalungun. Dedi menyatakan, “Untuk setiap kegiatan kami melibatkan mahasiswa dan mitra binaan kami sebagai relawan yang siap membantu dalam menyukseskan kegiatan tersebut. Relawan kami terdiri dari pelajar SMA dan mahasiswa. Totalnya, terdapat sekitar 100 orang relawan di seluruh daerah.”

Setelah pasien menjalani operasi katarak, PT Agincourt Resources memberikan goody bag yang berisi obat-obatan, kacamata, dan baju sebagai kenang-kenangan kepada pasien tersebut.

Sumber:
https://waspada.co.id/2023/10/pt-agincourt-resources-kembali-gelar-operasi-katarak-gratis-2023-di-pematangsiantar/