Fokus Pembelajaran Mahasiswa PLP 2024 UIN Khas Jember pada Pendidikan Karakter

by -426 Views

Mahasiswa PLP UIN Khas Jember akan Fokuskan Pembelajaran pada Pendidikan Karakter

SUARA INDONESIA, JEMBER – Untuk mengurangi dampak buruk dari penggunaan gadget yang berlebihan, Mahasiswa Praktek Mengajar (PLP) 2024 UIN Khas Jember di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Jember akan memfokuskan pembelajaran pada pendidikan karakter.

Langkah ini diambil karena banyak anak di bawah umur yang telah mengakses ponsel pintar, dan jika tidak dikontrol dengan baik bisa berdampak negatif. Hal ini sejalan dengan temuan dalam jurnal yang diterbitkan oleh Lentera Indonesia, yang menyatakan bahwa penggunaan gadget memiliki dampak negatif yang signifikan pada perkembangan anak.

Desi Fitriani, seorang Mahasiswa PLP UIN Khas Jember, menyatakan bahwa program ini bertujuan agar peserta didiknya tidak terpengaruh oleh pergaulan digital yang semakin bebas, dan diharapkan dapat memiliki karakter yang lebih baik di masa depan.

Desi menjelaskan bahwa beberapa siswa yang dia temui memiliki perkataan dan akhlak yang minim. Oleh karena itu, program ini akan menyosialisasikan pentingnya membatasi penggunaan gadget pada anak agar tidak terpengaruh oleh konten negatif.

Selain itu, Desi dan delapan mahasiswa UIN Khas Jember lainnya tetap menjalankan kegiatan praktek mengajar dan menyisipkan pendidikan karakter di tengah-tengah kegiatan mereka. Mereka selalu mengingatkan untuk tidak mengikuti hal-hal negatif di gadget dan media sosial agar anak didik mereka tidak terpapar konten negatif.

Pewarta : Fathur Rozi

Editor : Mahrus Sholih

Selengkapnya di Google News SUARA INDONESIA