Polda Sumut Beri Simulasi Sispamkota, Siap Hadapi Dinamika Pilkada 2024 – Waspada Online

by -144 Views

MEDAN, Waspada.co.id – Polda Sumut menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam menghadapi berbagai dinamika Pilkada 2024 yang berlangsung secara serentak di Sumatera Utara.

Bertempat di pelataran parkir Mapoldasu kegiatan itu pun dihadiri Kapolda Sumut Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto, Ketua KPU Sumut, Ketua Bawaslu Sumut, TNI serta para pejabat lainnya.

Kapoldasu menjelaskan, simulasi ini bertujuan untuk mengantisipasi berbagai potensi gangguan mulai dari unjuk rasa hingga situasi anarkis selama berlangsungnya Pilkada 2024 di Sumatera Utara.

“Simulasi ini melibatkan personel gabungan Polda Sumut yang bertugas sebagai dalmas awal, dalmas lanjut, negosiator, dan pengendalian massa (PHH) dari Satuan Brimob. Kami melatih mereka untuk siap menghadapi potensi gangguan selama tahapan Pilkada 2024,” terangnya.

Whisnu menyatakan, skenario simulasi ini mencakup berbagai tahapan pemilu, termasuk pendistribusian logistik, masa kampanye, pemungutan suara, hingga penetapan pemenang.

“Kami telah memetakan setiap potensi kerawanan yang ada, dan titik-titik rawan ini menjadi fokus utama dalam kegiatan pengamanan,” katanya seraya berharap dengan pelatihan rutin ini personel Polda Sumut akan semakin tanggap dan memahami tugas masing-masing.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap anggota siap dan sigap menangani setiap situasi yang mungkin terjadi selama tahapan Pilkada 2024,” pungkasnya. (wol/lvz/d2)

Editor AGUS UTAMA