Bawaslu Jombang Mengapresiasi Peluncuran Rumah Data untuk Memudahkan Akses Pelaporan Digital Pengawas Pemilu

by -41 Views

Bawaslu Kabupaten Jombang memberikan apresiasi terhadap peluncuran aplikasi rumah data oleh Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan akses pelaporan digital pengawas Pemilu dan memperkuat kualitas pengawasan Pilkada serentak 2024.

Acara peluncuran berlangsung di Hotel Empire Palace Surabaya, Rabu (14/8/2024), dihadiri oleh 4.477 peserta, termasuk Forkopimda, Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwascam, Sekretariat Panwascam, wartawan, dan pemantau pemilu di Jawa Timur.

Ketua Bawaslu Jatim A. Warist menyampaikan bahwa rumah data ini sebelumnya digunakan untuk Pemilu 2024, kemudian dikembangkan untuk memantau pengawasan saat hari pemungutan suara dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024. Rumah data ini menyimpan berbagai informasi, seperti C-hasil, kejadian khusus, daftar hadir, dan foto KTP EL DPK yang ada di TPS.

Ketua Bawaslu Kabupaten Jombang, Dafid Budiyanto, menyatakan kesiapan pihaknya untuk mensukseskan pengawasan Pemilu, terutama Pilkada 2024 di Kabupaten Jombang melalui rumah data yang telah diluncurkan oleh Bawaslu Jatim. David menambahkan bahwa rumah data tersebut merupakan penyimpanan data bagi berbagai pihak terkait pengawasan pemilu di Jawa Timur.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Humas, dan Parmas Bawaslu Jombang, Jagad Putra Dona, menambahkan bahwa rumah data ini akan memudahkan persiapan data untuk Perselisihan Hasil Pemilihan di masa depan. Namun, penting untuk menjaga keamanan data tersebut agar tidak terjadi kebocoran informasi.

Rumah data ini akan terkoneksi dengan website Bawaslu Jawa Timur agar publik dapat melihat kerja keras pengawas pemilu di wilayah tersebut. Hal ini sebagai upaya pertanggungjawaban dan keterbukaan Bawaslu kepada publik.