100 Persen Coklit, Berikut Jumlah Data Pemilih Hasil Pemutakhiran – Waspada Online

by -255 Views

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) telah menyelesaikan proses pencocokan dan penelitian (Coklit) dalam Pemutakhiran Data Pemilih di 33 Kabupaten/Kota pada Pilkada serentak 2024. KPU Sumut mencatat bahwa proses tersebut telah mencapai 100 persen.

Anggota KPU Sumut, Frendianus Joni Rahmat Zebua menyatakan bahwa pencatatan telah mencapai 100 persen. Berdasarkan data yang diperoleh dari KPU Sumut, jumlah pemilih yang telah diupdate setelah Coklit adalah sebanyak 10.915.680 jiwa.

“Frendianus menjelaskan bahwa setelah Coklit mencapai 100 persen, langkah selanjutnya adalah melakukan rekapitulasi berjenjang dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) hingga ke PPS, PPK, KPU Kabupaten/Kota, dan KPU Sumut.

“Setelah masa Coklit selesai, akan dilakukan rekapitulasi dan ditetapkan melalui pleno di tingkat PPS, PPK, KPU Kabupaten/Kota, hingga penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) oleh KPU Provinsi pada tanggal 15 Agustus 2024,” ujarnya.

Selanjutnya, KPU akan mengumumkan kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan atau masukan terkait data tersebut. “Setelah itu, akan dilakukan analisis data ganda dan pembentukan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP),” tambahnya.

Frendianus menegaskan bahwa KPU akan terus melanjutkan proses pemutakhiran data pemilih dari Coklit, DPSHP hingga Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Semua data harus jelas dan ditetapkan sebagai DPT pada tanggal 22-27 September 2024,” ungkapnya.

Sebagai informasi, KPU Sumut melakukan Coklit di 33 Kabupaten/Kota melibatkan 41.406 Pantarlih dengan masa tugas selama satu bulan, mulai dari 24 Juni hingga 25 Juli 2024. Data terbaru tersebut nantinya akan memiliki hak suara pada Pilkada serentak 2024. (wol/man/d1)

Editor: AGUS UTAMA