Pagelaran Budaya dan Tasyakuran Meriahkan Peringatan Satu Suro di Desa Tritih Lor Cilacap

by -53 Views

Masyarakat Desa Tritih Lor, Cilacap menyambut satu suro dengan pagelaran budaya dan ziarah massal disertai tasyakuran di sebuah panembahan yang ada di desa tersebut. Tradisi tahunan ini digelar selama tiga hari dimulai dari tanggal 9-11 Juli 2024. Warga Desa Tritih Lor antusias dalam menyambut Tahun Baru Islam.

Dalam ziarah massal di panembahan tunggul wulung pada tanggal 9 Juli 2024, masyarakat tidak hanya melakukan doa bersama tetapi juga makan bersama di area panembahan tersebut. Makanan berupa nasi, sayur mayur, ayam goreng, dan lainnya dituangkan di atas daun pisang yang telah disiapkan sebelumnya. Hal ini menjadi tradisi turun-temurun dalam menyambut Tahun Baru Islam.

Acara juga diisi dengan pagelaran budaya seperti kuda lumping selama tiga hari, tongklek, dan wayang kulit persembahan Ki Dalang Miskun. Kegiatan ini diharapkan dapat membuat Desa Tritih Lor semakin maju dalam bidang pembangunan dan masyarakatnya lebih sejahtera serta kompak. Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun.