Mendorong Penerapan Sekolah Parenting di Desa-desa, Ipuk: Sesuai dengan Ajaran Ali Bin Abi Thalib

by -169 Views

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah meluncurkan Sekolah Orang Tua Hebat (SOBAT) yang memberikan fasilitas sekolah parenting bagi orang tua. Program ini mendapat sambutan positif dari para wali murid.

Hal tersebut terlihat saat SOBAT diadakan bersamaan dengan kegiatan Bupati di Desa Gendoh, Kecamatan Sempu, pada hari Senin (3/6/2024). Puluh orang tua yang berkumpul di SDN 1 Gendoh mengikuti kelas parenting yang dipimpin oleh fasilitator SOBAT.

Mereka menyampaikan bahwa program SOBAT sangat bermanfaat bagi mereka. Mereka belajar bahwa cara mendidik anak saat ini berbeda dengan cara yang mereka terapkan di masa kecil mereka. Menuntut prestasi tanpa memperhatikan potensi anak tidaklah tepat. Sebaliknya, orang tua perlu melihat potensi anak terlebih dahulu.

Program SOBAT merupakan edukasi parenting yang diberikan kepada orang tua terkait pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Tujuannya adalah agar pendidikan dan pengasuhan anak di rumah dapat mendukung pendidikan di sekolah.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menekankan pentingnya mendidik karakter anak sesuai dengan zamannya dan kondisi lingkungan setempat. Orang tua perlu membekali anak dengan karakter baik dan pengetahuan agama yang kuat agar anak tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif.

Program ini melibatkan 588 fasilitator berpengalaman, terdiri dari psikolog dan guru yang telah mengikuti pelatihan parenting. Program berlangsung selama empat bulan setiap angkatan dan peserta akan mendapatkan sertifikat.

Pendidikan karakter pada anak harus selaras dengan zaman dan lingkungan mereka. Orang tua memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak agar mereka dapat bertahan di era digital yang penuh dengan tantangan.