Event Akbar Solu Bolon Kembali Akan Diselenggarakan di Samosir – Berita dari Waspada Online

by -105 Views

PANGURURAN, Waspada.co.id – Kabupaten Samosir akan kembali menyelenggarakan event besar, Solu Bolon, yang akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp100 juta.

Event ini akan diadakan pada tanggal 7-8 Juni 2024 di Waterfront City Pangururan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir, Tetti Naibaho, menyampaikan bahwa event Solu Bolon merupakan bagian dari Calendar of Events Horas Samosir Fiesta Tahun 2024.

“Ini adalah event ketiga tahun ini, setelah dua event sebelumnya, yaitu Opera Batak dan Pertunjukan Seni Budaya, yang sukses dilaksanakan,” ujar Tetti.

Ia menyebut bahwa setiap penyelenggaraan event Solu Bolon selalu menarik perhatian masyarakat, para atlet dayung, dan wisatawan.

Selain dari hadiah yang besar, lanjut Tetti, event ini juga meningkatkan semangat olahraga di Sumatera Utara. “Event ini juga menampilkan keindahan alam yang menakjubkan dan dihiasi dengan sentuhan budaya asli,” jelasnya.

Tetti menjelaskan bahwa solu atau perahu adalah bagian dari budaya masyarakat Samosir dan Danau Toba. Tradisi perlombaan solu ini bukan hanya sekedar kompetisi, tetapi juga memiliki nilai historis yang kuat.

“Perahu solu bagi masyarakat di sekitar Danau Toba memiliki sejarah yang dalam. Kisah-kisah tentang perahu yang digunakan oleh raja dan masyarakat untuk berlayar di Danau Toba adalah bagian dari warisan budaya yang turun-temurun. Ini harus terus dilestarikan dan dijaga dengan baik sehingga semua orang bisa mengenal dan memahami tradisi ini,” kata Tetti.

Lebih lanjut, event ini akan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Sumatera Utara dan provinsi tetangga seperti Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat, dan Riau. Setiap tim terdiri dari 14 orang dan akan berkompetisi di lintasan sepanjang 1.000 meter di Waterfront City Pangururan.

Selain perlombaan, event ini juga akan menampilkan hiburan bagi masyarakat, peserta, dan wisatawan, seperti pertunjukan Tortor, penampilan lagu dari penyanyi lokal, serta pameran UMKM.

“Dapat disimpulkan bahwa event ini adalah paket lengkap. Para peserta akan menggabungkan kerjasama dan ketekunan untuk meraih kemenangan di alam yang menawan sambil menonton pertunjukan warisan leluhur berupa tarian dan nyanyian,” tambahnya.

“Dengan adanya event Solu Bolon ini, kami berharap Samosir akan selalu menjadi destinasi wisata yang menginspirasi,” lanjutnya.

Untuk informasi tambahan, pendaftaran event ini masih terbuka untuk umum. Bagi yang berminat, silakan mendaftar melalui google form di tautan berikut ini https://bit.ly/lombasolubolon. (wol/ward/adv)

Editor AGUS UTAMA