Calon Jemaah Haji dari Kabupaten Probolinggo Mengikuti Bimbingan Manasik Haji

by -431 Views

Calon Jemaah Haji Kabupaten Probolinggo Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Pemateri Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo, M. Barzan Ahmadi, memberikan materi bimbingan manasik haji kepada calon jemaah haji di KUA Tongas. (Foto: Lutfi Hidayat/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, PROBOLINGGO – Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Probolinggo Konsorsium KUA Tongas, Lumbang, dan Sukapura mengikuti bimbingan manasik haji di Aula KUA Tongas.

Bimbingan manasik haji tersebut dilaksanakan selama 6 hari, dari Senin hingga Sabtu (29 April – 04 Mei 2024). CJH Kabupaten Probolinggo mendapatkan berbagai materi dan praktek seputar manasik haji dari 12 narasumber berkompeten yang berasal dari Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo dan Dinas Kesehatan.

Jumlah peserta bimbingan manasik haji Konsorsium Tongas, Lumbang, dan Sukapura sebanyak 63 orang. Mereka akan bergabung dengan 914 calon jemaah haji asal Kabupaten Probolinggo untuk diberangkatkan ke tanah suci Mekah pada 19 Mei 2024 dengan kloter 33, 34, dan 35 Embarkasi Surabaya.

Pemateri bimbingan manasik haji, Imamuddin Nur Fajri, menyatakan bahwa jemaah haji lansia dan berisiko tinggi tetap menjadi perhatian serius Kemenag meskipun jumlahnya telah berkurang. Selain itu, jemaah haji diingatkan untuk tidak membawa barang bawaan yang tidak penting dan melanggar ketentuan yang berlaku.

Untuk mengurangi risiko tersesat dan hilangnya jemaah haji di tanah suci, jemaah diminta untuk selalu kompak dan mematuhi arahan dari ketua regu, ketua kloter, dan petugas haji lainnya terutama saat pelaksanaan haji inti.

Kepala KUA Tongas, Wildan Mahbubul Haq, bersama dengan Konsorsium KUA Lumbang dan Sukapura, berkomitmen memberikan bimbingan manasik haji yang terbaik agar jemaah haji dapat melaksanakan ibadah haji secara maksimal.

Bimbingan manasik haji tidak hanya dilakukan oleh Konsorsium Tongas, Lumbang, dan Sukapura tetapi juga dilaksanakan bersama dengan beberapa konsorsium KUA lainnya. Ratusan jemaah haji Kabupaten Probolinggo ini akan mengikuti bimbingan manasik haji dan praktik massal di area wisata Miniatur Ka’bah untuk memantapkan pelaksanaan manasik haji sebelumnya.

Berita ini disunting oleh Lutfi Hidayat dan diedit oleh Mahrus Sholih.

ยป Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta: Lutfi Hidayat
Editor: Mahrus Sholih