Penguatan BNPM di Jember: Memperkuat Budaya dan Melestarikan Kearifan Lokal Madura

by -1 Views

Deklarasi dan pengukuhan DPD BNPM Jember di Gedung K-link Kebonsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

SUARA INDONESIA, JEMBER – Barisan Nasional Pemuda Madura (BNPM) melakukan deklarasi dan pelantikan pengurus di DPD Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (26/10/2024) siang. Anggota yang mayoritas adalah keturunan dari Pulau Garam ini, memiliki komitmen untuk membangun kebersamaan di bawah satu bendera pimpinan H.Achmad Zaini. Posisi ketua DPD Kabupaten Jember dipegang oleh Muzakki, seorang aktivis yang saat ini tinggal di Kecamatan Sukowono.

Muzakki, yang berasal dari Kabupaten Sumenep, resmi dilantik sebagai ketua DPD Kabupaten Jember oleh ketua umum BNPM. Acara tersebut mengambil tema menjalin silaturahim, memperkuat persaudaraan, meningkatkan budaya, dan merawat kearifan lokal Madura.

“Kami ingin menyatukan semua keturunan Madura agar kompak, sesuai dengan tema acara pengukuhan hari ini,” kata Muzakki. Dia menegaskan bahwa stigma yang menyebut Madura identik dengan kasar dan keras harus dilawan. Muzakki ingin menunjukkan bahwa Madura identik dengan santri dan persaudaraan.

BNPM memiliki program di masa depan yang akan melibatkan lintas sektor untuk merangkul semua kalangan demi kepentingan umat. Muzakki juga memastikan bahwa BNPM terbuka untuk semua kalangan dan lintas profesi, dengan harapan agar Madura menjadi lebih inovatif.

Ketua DPW BNPM Jawa Timur, M.Sahid juga mengungkapkan bahwa Madura kaya akan keberagaman dan tersebar di berbagai kepulauan. Dia mengajak semua orang Madura untuk bangga menjadi bagian dari Madura dan berkontribusi dalam inovasi untuk daerah tersebut.