Safullah, Bocah 8 Tahun dari Sidoarjo Berjuang untuk Kelangsungan Hidup Sambil Merawat Ayahnya

by -2 Views

Safullah, seorang siswa SD Negeri 2 Gebang, Sidoarjo, Jawa Timur, menjalani kehidupan yang tidak biasa untuk usianya. Setiap hari setelah sekolah, dia harus bekerja keras mencari ikan di tambak untuk membantu ayahnya yang sudah lanjut usia. Meskipun menjadi tulang punggung keluarga, Safullah tetap semangat bersekolah dan jarang absen, sering mendapat pujian dari guru, Ihwal Praja.

Safullah biasa mencari sisa ikan dari tambak yang sudah dipanen untuk dijual. Meskipun pendapatannya tidak pasti, Safullah menggunakan uangnya untuk membeli kebutuhan pokok. Selain mencari ikan, ia juga bekerja serabutan menjadi kuli bangunan untuk menambah penghasilan.

Walau hidup berdua dengan ayah yang berusia 75 tahun, Safullah memiliki cita-cita menjadi pembalap seperti Valentino Rossi. Meski tanpa televisi di rumah, ia sering menyaksikan aksi Valentino Rossi melalui rumah tetangga.

Safullah tinggal di Pucu’an, Desa Gebang, sebuah area terpencil yang sulit dijangkau, namun semangatnya tidak pernah padam untuk merawat ayahnya dan mewujudkan mimpinya.