Siswa SDU Nurul Huda Pelalangan Jember Melatih Mental dan Keberanian Melalui Praktik Jurnalistik

by -3 Views
Pendidikan
Latih Mental dan Keberanian, Siswa SDU Nurul Huda Pelalangan Jember Lakukan Praktik Jurnalistik

Aulia Fatiah Muntaz, siswi kelas 6 SDU Nurul Huda, saat mewawancara pemilik Museum Huruf, Rabu (23/10/2024). (Foto: Fathur Rozi/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JEMBER – Siswa Sekolah Dasar Unggulan (SDU) Nurul Huda Pelalangan, Jember, melakukan praktik jurnalistik ketika sedang study tour di Museum Huruf. Tujuannya untuk melatih mental dan public speaking.

Hal itu dilakukan, guna menunjang proses pembelajaran yang sering kali hanya bertempat di dalam kelas dan senantiasa terpaku pada materi.

“Kalau hanya materi saja, siswa akan kurang mencerna,” ujar Nurwatil Hidayah, Wali kelas 6 SDU Nurul Huda, saat ditemui di Museum Huruf, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (23/10/2024).

Selain itu, Nurwatil mengatakan, setiap melakukan perjalanan ataupun pada kegiatan tertentu, siswanya diajarkan untuk melakukan wawancara. Tujuannya agar peserta didik mampu memahami teknik wawancara dan lebih peka terhadap sosial.

“Setelah itu, mereka juga diajarkan untuk menulis hasil dari wawancaranya. Tujuannya untuk melatih critical thinking anak. Lalu hasilnya kita buat berita dalam bentuk video,” tandasnya.

Sementara Aulia Fatiah Muntaz, siswi kelas 6 SDU Nurul Huda, mengaku pada awalnya ia merasa gugup dan tidak percaya diri. Namun seiring berjalannya waktu, dan banyak melakukan praktik jurnalistik, membuatnya mulai terbiasa dan lebih berani saat berhadapan langsung dengan narasumber.

Kendati demikian, Aulia mengaku tidak berminat untuk menjadi seorang jurnalis, sebab cita-cita yang sudah didambakannya sejak dulu ialah ingin menjadi tenaga pengajar dan mengikuti jejak sang ayah. “Karena ayah saya itu guru di SMA,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Fathur Rozi (Magang)
Editor : Mahrus Sholih