Pj Gubernur Jawa Timur Ikut Sambangi Anak Berkebutuhan Khusus di Tuban dan Mencoba Membuat Batik Ecoprint

by -3 Views

Irqam
23 Oktober 2024 | 08:10 Dibaca 134 kali

Berita
Sambangi Anak Berkebutuhan Khusus di Tuban, Pj Gubernur Jawa Timur Ikut Coba Membuat Batik Ecoprint

Pj Gubernur Jawa Timur Andhy Karyono didampingi Pjs Bupati Tuban Agung Subagyo mencoba ikut membuat batik ecoprint saat kunjungan di UPT RSBG Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur di Tuban. (Foto: Irqam/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, TUBAN – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Andhy Karyono mengunjungi anak berkebutuhan khusus yang berada di UPT Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (RSBG) di Kabupaten Tuban pada Selasa 22 Oktober 2024.

Kedatangan Andhy didampingi Pjs Bupati Tuban Agung Subagyo ini langsung disambut tarian dari penyandang disabilitas intelektual.

Andhy mengaku bahwa kedatangannya untuk memastikan anak berkebutuhan khusus bisa tinggal dengan nyaman di UPT RSBG Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.

“Mereka memiliki kebutuhan khusus yang agak berat, tetapi disini mereka bisa hidup, tinggal, dan lebih dari itu, mereka juga bisa memperoleh pengetahuan dan keterampilan,” kata Andhy.

Ia menjelaskan, selama tinggal di UPT RSBG, anak berkebutuhan khusus diberikan bekal keterampilan. Seperti membuat batik ecoprint, keset, sapu, mencetak batako, dan kesenian tradisional.

“Disini ada 60 orang, ini bagian pelayanan publik dari dinas sosial pemprov untuk mereka yang berkebutuhan khusus dan terpinggirkan. Mereka disini rumahnya,” jelasnya.

Dalam kunjungan itu, Pj Gubernur Jawa Timur langsung berbaur dengan anak berkebutuhan khusus membuat keterampilan.

Ia juga tampak ikut mencoba membuat batik ecoprint, sambil berdialog dengan para penyandang disabilitas di RSBG Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.

Tak hanya itu, Andhy juga datang membawa bantuan kepada keluarga kurang mampu pendamping PKH, Tagana, dan TKSK.

“Semua pilar-pilar sosial ini bagian penting dari penggerak kegiatan kesejahteraan sosial. Ini kita bangun semua sistem, dengan personilnya untuk meningkatkan kesejahteraan sosial khususnya mereka yang miskin,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Mahrus Sholih