Debat Pertama Calon Gubernur Sumatera Utara Akan Membahas Visi Misi dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah – Waspada Online

by -424 Views

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) sedang menyiapkan debat sengit antara Pasangan Calon Gubernur Sumut Bobby Nasution-Surya dan Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala dalam Pemilihan Gubernur 2024.

Untuk lokasi debat, KPU Sumut telah menyiapkan tiga hotel bintang 5 di Kota Medan sebagai tempat untuk berdiskusi tentang gagasan, visi, dan misi dalam Pilgub Sumut tersebut.

“Debat perdana akan fokus pada Visi-Misi dan program Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yang menunjukkan peningkatan kesejahteraan, kemajuan daerah, dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Komisioner KPU Sumut, Robby Effendi Hutagalung.

Robby, yang juga menjabat sebagai Koordinator Divisi SDM dan Litbang KPU Sumut, mengatakan bahwa debat akan terdiri dari tiga sesi. Debat pertama akan dilaksanakan di Hotel Grand Mercure, Kota Medan, pada Rabu 30 Oktober 2024. Debat kedua di Hotel Santika Dyandra, Kota Medan, pada Rabu 6 November 2024. Dan debat ketiga di Hotel JW Marriott, Kota Medan, pada Rabu 13 Oktober 2024.

“Pasti akan ada calon dan pendukung, namun detail teknis akan dibahas lebih lanjut,” kata Robby.

Robby menegaskan bahwa debat ini akan memberikan kesempatan kepada publik untuk melihat dan mendengarkan program-program serta visi misi Calon Gubernur Sumut nomor urut 1, Bobby Nasution-Surya, dan nomor urut 2, Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala.

“Debat ini merupakan edukasi bagi masyarakat sebagai panduan dalam memilih pemimpinnya. Kami berharap semuanya berjalan lancar,” jelas Robby.

Tahapan debat kandidat Pilkada Serentak 2024, mengacu pada Keputusan KPU Nomor 1363 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Sementara itu, Koordinator Divisi (Kordiv) Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Sumut, Sitori Mendrofa, mengungkapkan bahwa tema untuk ketiga debat tersebut masih dalam tahap finalisasi bersama tim panelis dari berbagai akademisi di Sumut.

“Tema debat masih dalam tahap pengembangan. Harap bersabar, kami akan segera mempublikasikannya,” kata Sitori.

Sitori menjelaskan bahwa tema tersebut akan ditentukan bersama dengan tim panelis. Setelah tim panelis merumuskannya, pihak KPU Sumut akan segera mengumumkannya.

“Penentuan tema ini kami serahkan kepada tim panelis. Tim tersebut terdiri dari akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Sumut, praktisi, dan tokoh masyarakat,” ucap Sitori.

Menurut Sitori, debat ini bertujuan untuk memberikan informasi yang komprehensif kepada masyarakat sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih.

“Kami akan segera mengatur tahapan debat ini melalui keputusan setelah finalize oleh tim,” tambahnya. (wol/man/d1)

Editor AGUS UTAMA