Ops Zebra Semeru 2024 Polresta Sidoarjo: Penekanan Pelanggaran dan Edukasi Lalu Lintas

by -556 Views

Pjs Bupati Sidoarjo Muhammad Isa Anshori bersama Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Cristian Tobing, saat memeriksa kendaraan operasional. (Foto: Amrizal/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO – Mulai hari ini, Senin (14/10/2024) hingga dua pekan ke depan, Kepolisian Sidoarjo Jawa Timur bersama TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan berbagai pemangku kepentingan menggelar Operasi Zebra Semeru 2024.

Dalam kesempatan itu, apel gelar pasukan Operasi Zebra Semeru 2024 dilakukan, dipimpin oleh Pjs Bupati Sidoarjo Muhammad Isa Anshori, didampingi Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Christian Tobing, serta dihadiri Forkopimda dan Pejabat Kepolisian setempat.

Operasi Zebra 2024 akan berlangsung serentak di seluruh Indonesia dari 14 hingga 27 Oktober. Fokus utama operasi ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan menekan angka kecelakaan.

Selama pelaksanaan, petugas lebih mengutamakan sosialisasi dan edukasi, dengan memberikan teguran bagi pelanggar, terutama pelanggaran yang kerap menyebabkan kecelakaan. Hal tersebut seperti tidak memakai helm, melawan arus, dan melebihi batas kecepatan. Sistem tilang elektronik (E-TLE) juga tetap dioperasikan melalui kamera pengawas.

Pjs Bupati Sidoarjo Muhammad Isa Anshori, dalam amanatnya menyampaikan bahwa meningkatnya populasi turut memicu kemacetan dan tingginya angka kecelakaan. Oleh karena itu, edukasi dan sosialisasi akan digencarkan guna mengingatkan pentingnya tertib lalu lintas. “Hal ini terutama di masa kampanye Pilkada serentak, di mana pengguna jalan seringkali mengabaikan keselamatan,” ungkap Isa.

Sementara Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Christian Tobing menambahkan bahwa operasi akan menyasar titik-titik rawan kecelakaan seperti jalur Tarik, Balongbendo, Krian, Porong, Jabon, dan Lingkar Timur Sidoarjo. Selain patroli rutin, Satlantas Polresta Sidoarjo juga akan melibatkan tokoh agama dan masyarakat dalam kegiatan “Patroli Rukyah” untuk meningkatkan kesadaran keselamatan.

“Dengan Operasi Zebra ini, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya keselamatan berkendara dan kepatuhan lalu lintas,” ujar Christian. “Kami berharap seluruh petugas memberikan pelayanan terbaik dengan semangat ‘Presisi’ untuk menjaga citra positif Polri,” pungkasnya. (*)

ยป Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta: Amrizal Zulkarnain
Editor: Satria Galih Saputra