Film ‘Pelari Kesiangan’ Memaparkan Perjalanan Inspiratif SMPN 2 Ngawi dalam Meraih Kemenangan di Kompetisi Film Pendek

by -537 Views

SMPN 2 Ngawi meraih juara 1 dalam kompetisi film pendek yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ngawi dalam rangka Hari Museum Nasional. Film bergenre ‘Pelari Kesiangan’ karya Reza Adhiatma berhasil mengungguli peserta lainnya.

Reza, yang juga merupakan guru di sekolah tersebut, menyatakan bahwa film pendek yang ia buat bercerita tentang pahlawan yang mengorbankan ego mereka demi kepentingan orang lain. Meskipun menghadapi beberapa kendala, seperti perubahan mood pemain film, akhirnya film pendek ini berhasil meraih juara satu.

Kompetisi film pendek menjadi agenda tahunan Dikbud Ngawi dalam rangka Hari Museum Nasional tahun 2024. Sekretaris Dikbud Ngawi, Fachrudin, menjelaskan bahwa tujuan dari kompetisi ini adalah untuk mendidik sekolah dan anak didik, serta sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan bakat anak didik.

Lebih lanjut, film pendek direncanakan akan masuk ke dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) karena dapat membantu membangun karakter anak didik. Pada kompetisi film pendek tersebut, SMPN 2 Ngawi meraih juara 1 dengan film ‘Pelari Kesiangan’.

Penyerahan hadiah dilakukan pada Kamis, 10 Oktober 2024 di Museum Trinil yang dihadiri oleh Sekdin Dikbud Fachrudin, Kepala Bidang Kebudayaan Dikbud Ngawi, peserta film pendek, dan juri film pendek dari tim Oemah Produksi.