Pemerintah Kabupaten Sumenep Membuka Jalur Baru Kapal Cepat menuju Kepulauan dan Pelabuhan Jangkar Situbondo

by -360 Views
Berita
Pemkab Sumenep Buka Trayek Baru Kapal Cepat ke Kepulauan dan Pelabuhan Jangkar Situbondo

Kapal cepat Ekspress Bahari saat bersandar di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Pemerintah Kabupaten Sumenep membuka trayek baru kapal cepat ke kepulauan setelah berhasil melakukan lobi dengan operator angkutan Ekspress Bahari.

Kepala Dinas Perhubungan Sumenep, Yayak Nurwahyudi, mengatakan bahwa trayek baru kapal cepat tersebut direncanakan akan melayani rute Kalianget-Sapudi-Raas dan Jangkar Situbondo.

Menurutnya, rencana tersebut sebelumnya sudah pernah diajukan oleh Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, dan akhirnya bisa terealisasi setelah berhasil melakukan lobi dengan operator angkutan kapal cepat tersebut.

“Sudah menjadi gagasan dari Pak Bupati untuk memberikan layanan transportasi laut yang lebih cepat. Solusinya harus ada trayek reguler kapal cepat ke sana, dengan rute Kalianget-Sapudi-Raas dan ke Jangkar Situbondo,” ungkapnya, Rabu (02/09/2024).

Yayak menyebut bahwa trayek baru yang akan dibuka merupakan trayek bersejarah karena belum pernah ada sebelumnya di lintasan tersebut.

“Memang belum pernah ada trayek reguler kapal cepat di lintasan ini. Alhamdulillah, akhirnya di tahun 2024 ini bisa terwujud. Izin trayeknya dari Pemerintah Provinsi, KSOP, dan Kementerian Perhubungan sudah selesai,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Ekspress Bahari Kalianget, Muhammad Nurullah, mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan armada kapal cepat yang akan beroperasi di lintasan ke sejumlah daerah kepulauan di Sumenep.

Dirinya mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan penjemputan kapal dengan kapasitas 364 tempat duduk.

“Crew yang menjemput kapal sudah berangkat. Spesifikasi kapalnya 364 tempat duduk. Proses pemasangan mesin baru sedang berlangsung. Insyaallah, dalam waktu dekat kapalnya sudah bisa beroperasi di Sumenep,” ucap Muhammad Nurullah, Rabu (2/10/2024).

Melihat progres tersebut, Bupati Sumenep Achmad Fauzi yang saat ini sedang cuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mengaku senang atas dibukanya trayek baru kapal cepat ke kepulauan Sumenep tersebut.

Dirinya berharap dengan adanya trayek baru kapal cepat tersebut, masyarakat kepulauan bisa lebih mudah bepergian ke luar pulau.

“Alhamdulillah, semoga bisa bermanfaat dan memperlancar transportasi ke wilayah Raas, Sapudi, dan ke Jangkar Situbondo,” pungkasnya. (*)

ยป Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih