Lima Kabupaten di Sumut Berjuang Melawan Kotak Kosong

by -7 Views

MEDAN, Waspada.co.id – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Sumatera Utara (Sumut) akan melibatkan 5 Kabupaten yang akan menghadapi kotak kosong atau hanya diikuti oleh satu Calon Bupati dan Wakil Bupati.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, Agus Arifin, menyatakan bahwa kelima Kabupaten tersebut yang akan menggelar Pilkada serentak hanya memiliki satu pasangan calon dan telah melaksanakan pengundian untuk penetapan nomor urut.

“Calon tunggal di Sumut, yaitu Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Serdang Bedagai, dan Kabupaten Asahan,” kata Agus saat dihubungi pada Jumat (27/9).

Agus menjelaskan bahwa dalam Pilkada Serdang Bedagai hanya terdapat satu pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, yaitu Darma Wijaya-Adlin Umar Yusri Tambunan yang memperoleh nomor urut 1, sedangkan kotak kosong mendapat nomor urut 2.

Pasangan calon tunggal tersebut, yang merupakan petahana, diusung oleh PDI Perjuangan, NasDem, Hanura, PKS, PAN, PKB, Golkar, Gerindra, PPP, Demokrat, Buruh, PSI, dan Gelora.

Pada Pilkada Labuhanbatu Utara (Labura) 2024, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Hendri Yanto Sitorus-Samsul Tanjung mendapatkan nomor urut 2, sementara kotak kosong mendapat nomor urut 1.

Paslon ini diusung oleh Gerindra, PAN, Golkar, NasDem, Demokrat, PBB, Hanura, PKB, PPP, dan PKS.

Pilkada Pakpak Bharat 2024 juga melibatkan lawan kotak kosong, di mana Franc Bernhard Tumanggor-Mutsyuhito Solin mendapatkan nomor urut 1 dan kotak kosong nomor urut 2.

Sementara itu, Franc Bernhard Tumanggor-Mutsyuhito Solin diusung oleh partai NasDem, Hanura, PKS, PAN, PKB, Golkar, Gerindra, PPP, PDIP, Demokrat, dan PSI.

Di Pilkada Nias Utara 2024, juga akan melawan kotak kosong, yaitu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Amizaro Waruwu-Yusman Zega, yang mendapatkan nomor urut 2 sedangkan kotak kosong nomor urut 1.

Selanjutnya, dalam Pilkada Asahan 2024, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin-Rianto mendapatkan nomor urut 1 dan kotak kosong nomor urut 2.

Pasangan Taufik Zainal Abidin-Rianto diusung oleh PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, NasDem, Buruh, Gelora, PKS, Hanura, PAN, Demokrat, dan PPP. (wol/man/d1)

Editor AGUS UTAMA