Dukung Penguatan UMKM dengan Event Cilacap Kuliner Expo 2024: Promosikan Produk Lokal

by -14 Views

Pj Bupati Cilacap M. Arief Irwanto saat mencoba salah satu kuliner khas Cilacap di salah satu stan UMKM setelah membuka acara. (Foto: Galih/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, CILACAP – Ratusan stan UMKM terlihat memenuhi area Lapangan Krida Nusantara yang terletak di Kelurahan Gumilir, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Selasa (24/9/2024).

Di masing-masing stan tersebut, para pelaku UMKM menjual berbagai macam kuliner, termasuk kuliner khas Cilacap seperti mendoan, brekecek patak jahan dan lainnya.

Dari pantauan lapangan, Pj Bupati Cilacap M. Arief Irwanto beserta rombongan yang terdiri dari unsur Forkopimda Cilacap, Pj Sekretaris Daerah Jarot Prasojo, Kepala OPD, Camat, dan lainnya tampak mengunjungi lokasi.

Ternyata, kedatangan Pj Bupati ini untuk membuka acara Cilacap Kuliner Expo 2024 dan Festival Pelayanan Publik. Deputi Bidang Usaha Mikro dari Kementerian Koperasi dan UKM RI juga hadir dalam acara pembukaan tersebut.

Acara ini diselenggarakan oleh Pemkab Cilacap melalui DPKUKM setempat, bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM.

Lebih lanjut, acara berlangsung selama lima hari, dimulai dari tanggal 24 hingga 28 September 2024, diikuti oleh 115 peserta dari UMKM Kecamatan, UMKM binaan OPD, BUMD, swasta, dan UMKM mandiri.

“Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk UMKM, terutama kuliner, serta mendorong penguatan dan kemandirian produk UMKM di Cilacap,” ungkap Kepala DPKUKM Kabupaten Cilacap Umar Said.

Melalui acara ini, diharapkan produk kuliner Cilacap akan lebih dikenal dan diminati oleh masyarakat, baik lokal maupun luar daerah.

Selain itu, acara ini memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan produk mereka, serta mempertemukan produk UMKM dengan konsumen, investor, dan mitra bisnis potensial lainnya.

Sementara itu, Pj Bupati Cilacap M. Arief Irwanto berharap agar acara ini dapat berkontribusi dalam mendukung penciptaan iklim usaha yang dapat mendukung perekonomian secara luas, baik di daerah maupun nasional.

“Selain itu, juga menghidupkan kembali kecintaan masyarakat, khususnya terhadap makanan khas Cilacap,” kata Arief.

“Nanti kami akan mengembangkan tempat kuliner terpadu agar UMKM dapat berkembang, dan kami juga mendorong hotel-hotel di Cilacap untuk selalu menyajikan makanan khas Cilacap, seperti brekecek patak jahan dan lainnya,” lanjutnya.

Pelaksanaan Cilacap Kuliner Expo 2024 dan Festival Pelayanan Publik ini juga akan dimeriahkan dengan panggung hiburan yang menampilkan berbagai aksi seni dari berbagai kalangan di Kabupaten Cilacap, baik dari masyarakat umum maupun siswa sekolah. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta: Satria Galih Saputra
Editor: Mahrus Sholih