Laznas LMI Jember Memperkuat Pengetahuan Tentang Mitigasi Bencana bagi Siswa yang Tinggal di Pinggir Pantai

by -23 Views

Siswa SDN Sumberejo 6 dan 9 Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, menanam bibit pohon bakau di Pantai Payangan, Minggu 22 September 2024. Menurut data Inarisk Personal, Pantai Payangan di Dusun Watu Ulo Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, berisiko terkena dampak gempa dan tsunami megatrusht. Karena itu, diperlukan mitigasi bencana terhadap warga sekitar pantai untuk mencegah banyaknya korban jiwa. Relawan Nusantara Penanggulangan Bencana (RNPB) Laznas LMI Chapter Jember memberikan materi mitigasi bencana kepada siswa SDN Sumberejo 6 dan SDN Sumberejo 9 melalui program GANALA yang menitikberatkan pada mitigasi gempa bumi pada Minggu 22 September 2024.

Kedua sekolah tersebut berada di dekat pantai yang sangat berpotensi terkena dampak gempa bumi dan tsunami. Melalui program GANALA, siswa diajarkan tindakan penting yang perlu dilakukan saat bencana terjadi. Materi mitigasi bencana didukung dengan pemberian tas siaga bencana dan edukasi tentang gempa bumi melalui video.

Siswa juga diajak untuk menghafal dan menyanyikan lagu yang berisi langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi. Perwakilan Laznas LMI Jember, Dani, menyampaikan bahwa pemilihan lokasi dan sekolah dasar tersebut dikarenakan lokasi yang dekat dengan laut dan minimnya pemahaman masyarakat sekitar terkait mitigasi bencana alam.

Selain itu, kondisi ekosistem pantai yang mengalami abrasi juga menjadi perhatian Laznas LMI Jember, sehingga dilakukan penanaman bibit pohon bakau. Penanaman pohon bakau ini melibatkan tidak hanya siswa sekolah dasar, tetapi juga berbagai lapisan masyarakat, termasuk warga lokal, Komunitas Swayanaka, dan perwakilan guru dari setiap satuan pendidikan.

Penanaman pohon bakau bertujuan untuk mencegah abrasi dan erosi di sekitar pantai serta untuk merawat ekosistem yang ada di sekitar mereka. Para siswa juga mendapatkan teori merawat ekosistem dari Komunitas Laskar Segoro Kidul untuk memahami fungsi dan manfaat hutan bakau di laut. Komunitas lokal ini telah aktif menanam bakau dalam beberapa tahun terakhir.