Lantamal IV Batam dan Lanal TBK Gelar Operasi Katarak Gratis dalam Peringatan HUT ke-79 TNI AL

by -13 Views
Berita

Komandan Lantamal IV Batam, Laksamana Pertama Tjatur Suniarto, berdialog dengan salah seorang pasien usai melaksanakan operasi, di aula Lanal Tanjungbalai Karimun, Minggu (22/9/2024). (Foto: Syahid Bustomi/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, KARIMUN – Dalam rangka memperingati HUT ke-79 TNI AL, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Batam, mengadakan bakti sosial operasi mata katarak gratis untuk masyarakat di wilayah kerja Lantamal IV. Salah satunya dilakukan di Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjungbalai Karimun.

Kegiatan dimulai sejak Jumat (20/9/2024) telah diselenggarakan atas kerjasama antara Lantamal IV Batam, Lanal Tanjungbalai Karimun, RSUD Muhammad Sani Karimun, INTI Kepri, Batam International Charity, Lentera Mata Indah, dan Perdami.

Total 77 pasien telah menjalani operasi mata, sebagian besar di antaranya adalah manula dan warga kurang mampu, baik yang tinggal di Pulau Karimun maupun dari luar Pulau Karimun.

Komandan Lantamal IV Batam, Laksamana Pertama Tjatur Suniarto menyatakan, bahwa kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk membantu terutama mereka yang kurang mampu.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat terutama yang kurang mampu dan menderita katarak. Banyak penduduk Kepri yang mengalami kebutaan akibat katarak. Banyak yang enggan memeriksakan diri karena masalah biaya. Oleh karena itu, kami memberikan bantuan dengan operasi gratis,” ujar Tjatur dalam wawancara dengan wartawan.

Kegiatan Bhakti Sosial ini melibatkan 3 dokter spesialis mata dan dibantu oleh dokter-dokter dari TNI AL Lantamal IV.

Selain di Lanal Tanjungbalai Karimun, kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis juga dilakukan di Lantamal IV Batam dan di seluruh Indonesia secara serentak. (*)

» Klik untuk berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syahid Bustomi
Editor : Mahrus Sholih