Prestasi Gemilang PON XXI Aceh-Sumut 2024: Banyak Rekor Nasional Terpecahkan

by -24 Views

MEDAN, Waspada.co.id – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024 memecahkan banyak rekor nasional dan rekor PON itu sendiri. Hal ini membuat PON XXI termasuk dalam kategori PON yang sukses dan berhasil.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman pada konferensi pers di Media Center PON XXI Sumut, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, pada Jumat (20/9).

“PON yang sukses adalah PON yang banyak memecahkan rekor PON maupun rekor nasional,” ujarnya.

Marciano juga mengungkapkan berbagai rekor nasional dan rekor PON yang tercipta selama PON XXI. Mulai dari cabang olahraga atletik yang berhasil memecahkan 7 rekor nasional dan 21 rekor PON.

“Atlet lari dari Sumut, Nella, berhasil memecahkan tiga rekor nasional. Nella ini belum masuk dalam atlet nasional, namun hasil PON ini memberikan perhatian atas keberhasilan pembinaan Sumut yang akan menjadi atlet masa depan yang membanggakan,” katanya.

Selain itu, di cabang olahraga lainnya seperti renang, selam kolam, angkat besi, panjat tebing, dan menembak juga terjadi pemecahan rekor nasional dan rekor PON.

“Banyaknya pemecahan rekor ini membuat saya sebagai Ketua KONI bangga, karena provinsi dan kabupaten/kota mampu melakukan pembinaan yang baik,” ucap Marciano.

Selama PON XXI, juga terjadi kejutan prestasi seperti peraih medali emas Olimpiade, Veddriq Leonardo, yang gagal meraih medali emas di Cabor Panjat Tebing PON. Ia kalah dari Kiromal Katibin pada babak perempat final.

“PON merupakan kesempatan bagi para atlet untuk melampaui prestasi dan rekor. PON menjadi tolak ukur atlet untuk melangkah ke tahap yang lebih tinggi. Selain itu, saya juga mengapresiasi penerimaan hangat masyarakat Sumut dan Aceh selama PON,” tambah Marciano.

“PON ini adalah pesta olahraga yang menyatukan bangsa. Ketika berbicara tentang olahraga, kita selalu mengibarkan merah putih dan menyanyikan Indonesia Raya. Melalui PON, kita memiliki panggung untuk menyatukan bangsa Indonesia,” pungkasnya. (wol/man/d1)

Editor: AGUS UTAMA