Razia Blok Hunian Narapidana, Penyidik Jatanras Tangkap Kelompok Pelaku Hipnotis, Diduga Korupsi Seleksi PPPK di Langkat – Waspada Online

by -23 Views

MEDAN, Waspada.co.id – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta Medan melakukan razia blok hunian tahanan secara mendadak untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib), Kamis (12/9) malam.
Kepala Lapas Tanjung Gusta Medan, M. Pitrah Jaya Saragih melalui Kepala KPLP Eben Haezer Depari, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen lapas untuk menciptakan lingkungan yang aman dan bersih serta untuk mengidentifikasi hal-hal yang mencurigakan pada warga binaan.
Razia dilakukan tanpa pemberitahuan sebelumnya untuk memastikan tidak ada aktivitas yang mencurigakan di dalam blok hunian.
Tim Jatanras Direktorat Reskrimum Polda Sumut berhasil membekuk komplotan pelaku hipnotis antar provinsi yang menyasar para lansia sebagai korban di Kota Semarang dan Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Kelima pelaku berhasil ditangkap oleh personel yang dipimpin Kasubdit III Jatanras Dit Reskrimum Polda Sumut.
Selain itu, penyidik Direktorat Reskrimsus Polda Sumut menetapkan tiga tersangka dalam dugaan korupsi seleksi PPPK di Kabupaten Langkat. Ketiga tersangka tersebut adalah Kadisdik Langkat Saiful Abdi, Kepala BKD Langkat Eka Depari, dan Kasi Kesiswaan Bidang SD Disdik Langkat Alek Sander.
Dari hasil gelar perkara, penyidik menetapkan kembali tiga orang sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi seleksi PPPK Langkat.