Jagoan Banyuwangi Menghadirkan Program Baru untuk Usahawan Muda

by -20 Views

Bupati Ipuk menghadiri acara Jagoan Banyuwangi. (Foto: Dok. Humaskab).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI – Program inkubasi wirausaha anak muda terus dilaksanakan oleh Bupati Ipuk Fiestiandani di Jagoan Banyuwangi. Program ini mengajak anak muda Banyuwangi yang sedang memulai usahanya untuk meningkatkan kualitas usahanya.

Jagoan Banyuwangi terdiri dari Jagoan Tani -inkubasi untuk subsektor pertanian; Jagoan Digital (subsektor TIK), dan Jagoan Bisnis untuk subsektor lainnya.

Dalam program ini, bisnis yang sedang dirintis oleh peserta Jagoan Banyuwangi, dimatangkan dan dikurasi oleh sejumlah pakar sebagai mentor untuk meningkatkan kelas bisnis mereka.

“Setiap tahun kami mengadakan acara ini, dan terus memperbaiki konsep inkubasi yang bermanfaat bagi usahawan muda ini. Seperti tahun ini, kami melibatkan mereka yang sedang memulai usaha, bukan lagi yang masih dalam tahap ide bisnis. Kami memberikan mentoring, lalu usaha mereka dikurasi dan terus dipantau oleh mentor agar bisnis mereka bisa berkembang,” kata Bupati Ipuk, Selasa (11/9/204).

Salah satu usaha yang ditampilkan oleh peserta adalah Cantika Leather yang memproduksi tas dan dompet dari bahan kulit asli. Produk kriya UMKM ini memiliki kekhasan dengan tampilan yang mengutamakan filosofi budaya Indonesia.

Keunikan produk Cantika Leather membawa Dinar Laila, sang pendiri usaha Cantika Leather, menjadi salah satu peserta terbaik dalam inkubasi Jagoan Bisnis. “Saya mendapat banyak hal baru selama mengikuti kegiatan ini. Selain pengetahuan, saya juga berkenalan dengan banyak teman baru yang memiliki passion yang sama. Ini kesempatan bagi saya untuk memperluas jaringan,” ujarnya.

Feri Anwar, peserta Jagoan Tani, juga mengungkapkan hal serupa. Dia mendapatkan banyak wawasan untuk pengembangan usahanya. “Mentornya sangat membantu. Apa kekurangan dalam bisnis kami diberikan saran dan solusi. Ini sangat mendukung majunya usaha kami,” ujar Feri.

Feri memiliki usaha di bidang pengolahan dan pemasaran produk perikanan seperti rambak kulit ikan salmon, sambal cumi, keripik cumi pedas, dan rambak kulit cumi. Ada juga produk camilan seperti keciput mini, cipiran manis, dan sale pisang. Produknya kini sudah dipasarkan hampir di seluruh pusat oleh-oleh di wilayah Banyuwangi.

Program ini menyediakan hadiah uang untuk modal usaha senilai total Rp 75 juta. Selain hadiah uang, pemenang diberikan fasilitas magang untuk mematangkan program. Setelah itu, mereka akan mendapatkan sertifikat BSSN yang dapat menambah portofolio mereka dan bermanfaat untuk menjadi pelatih atau ketika memasuki dunia kerja. (*)(…read more by clicking the link)

Para pemenang Jagoan Banyuwangi 2024:
Jagoan Bisnis: Nabila Cake Cookies and Bakery, Cantika Leather, Yubilant Beauty and Spa, Letak Furniture, dan It’s Madeena.
Jagoan Digital: Fery Yundara Putera, Roy Hairul Anam, Adi Keminggris, Adi Nugroho, serta David Mahbubi.
Jagoan Tani: Chika Chocomold, Anggi Jamur, Pawonkoe, Oreng Oseng, dan Bolo Kopi

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta: Muhammad Nurul Yaqin
Editor: Mahrus Sholih