KPU Sampang akan Teliti Berkas Dua Paslon di Pilkada 2024 setelah Pendaftaran Ditutup

by -317 Views

Pendaftaran Ditutup, KPU Sampang Akan Teliti Berkas Dua Paslon di Pilkada 2024

Pasangan Calon (Paslon) Muhammad bin Muafi Zaini bersama Abdullah Hidayat dan Paslon Slamet Junaidi bersama Ra Mahfud (Foto: Hoirur Rosikin/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SAMPANG – Pendaftaran Bakal Calon Bupati (Bacabup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Sampang telah ditutup oleh KPU setempat pada Kamis, 29 Agustus 2024 pukul 23.59 WIB.

Selama periode pendaftaran, terdapat dua pasangan calon yang mendaftar. Pasangan Muhammad bin Muafi Zaini dengan Abdullah Hidayat diusung oleh delapan partai, yaitu Partai Golkar, PDIP, PPP, PAN, PBB, Demokrat, Hanura, dan PSI.

Sementara itu, pasangan calon petahana, Slamet Junaidi dan Ra Mahfud, didukung oleh enam partai, yaitu Partai Nasdem, PKB, Gerindra, PKS, Gelora, dan Garuda.

Ketua KPU Sampang, Aliyadi, mengatakan bahwa selama tiga hari pendaftaran, hanya dua pasangan calon yang mendaftar. Kini, kedua pasangan tersebut akan menjalani tahapan selanjutnya, yaitu penelitian administrasi dari 29 Agustus hingga 4 September 2024.

Selanjutnya, pada 5-6 September akan dilakukan pemberitahuan hasil penelitian administrasi oleh KPU Sampang. Kemudian, pada 7-8 September akan dilakukan perbaikan dan penyerahan perbaikan administrasi calon.

Jika terdapat kelengkapan administrasi yang kurang, akan dilakukan perbaikan sesuai dengan ketentuan. Pengumuman hasil penelitian administrasi calon oleh KPU dijadwalkan pada 13-14 September, diikuti dengan evaluasi dari masukan dan tanggapan masyarakat terhadap keabsahan persyaratan paslon.

Pada 15-21 September, akan dilakukan klarifikasi terhadap masukan masyarakat terhadap keabsahan persyaratan dua paslon. Penetapan calon akan dilakukan pada 22 September 2024, dan pengumuman nomor urut dua paslon akan dilakukan pada 23 September.

Berita Lainnya: SUARA INDONESIA

Pewarta: Hoirur Rosikin
Editor: Mahrus Sholih