Disdik Sumenep Bertekad Memerangi Perundungan di Lingkungan Pendidikan

by -33 Views

Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Berkomitmen Perangi Perundungan di Lembaga Pendidikan

SUARA INDONESIA, SUMENEP – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, berkomitmen untuk memerangi aksi perundungan (bullying) di seluruh lembaga pendidikan wilayah tersebut.

Salah satu wujud komitmen tersebut adalah pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) kepada para tenaga pendidik dari tingkat TK hingga SMP pada Rabu (28/08/2024).

Kepala Disdik Sumenep, Agus Dwi Saputra mengatakan bahwa bimtek tersebut merupakan tindak lanjut dari program Sekolah Ramah Anak yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep. Dia menjelaskan bahwa sebelumnya, Sumenep juga telah mendapatkan penghargaan sebagai pelopor sekolah responsif kesetaraan gender.

Sekolah harus mampu menjamin keamanan, kenyamanan, dan kesetaraan gender bagi para siswanya. Hal ini penting untuk menciptakan satuan Pendidikan yang berkualitas, adil, dan profesional, serta mengedepankan nilai-nilai kebangsaan dan kearifan lokal.

Kepala Bidang GTK Disdik Sumenep, Akhmad Fairusi juga membenarkan bahwa pelaksanaan bimtek tersebut bertujuan untuk menekan kasus perundungan di dunia pendidikan. Tenaga pendidik di Sumenep diharapkan menjalankan program ini sebagai upaya preventif terhadap kekerasan seksual dan masalah lainnya di kalangan siswa.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, melalui Asisten 3 Setdakab Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya menyatakan bahwa sekolah responsif dari Sumenep dijadikan contoh ke tingkat nasional. Ia menegaskan bahwa pendidikan tidak hanya tentang pengetahuan, tetapi juga tentang pembentukan karakter baik, pengembangan potensi sosial, emosional, intelektual, spiritual, dan kecakapan hidup.

Guru dan tenaga kependidikan harus memastikan terselenggaranya pendidikan secara inklusif, adil, dan mengakomodir kebutuhan peserta didik, serta menyediakan ruang eksplorasi.

Artikel ini ditulis oleh Wildan Mukhlishah Sy dan diedit oleh Mahrus Sholih.