KPU Sumenep Tingkatkan Partisipasi dengan Sosialisasi Pilkada 2024 Melalui Kirab Maskot Si Jalih dan Si Busok

by -46 Views

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep melakukan sosialisasi Pilkada 2024 dengan mengadakan kirab maskot Si Jalih dan Si Busok. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Serentak Jawa Timur pada bulan November 2024 mendatang.

Maskot Si Jalih merupakan simbol untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur, sementara Si Busok adalah maskot untuk Pemilihan Bupati (Pilbup) Sumenep. Kirab maskot ini dimulai di depan Labang Mesem, Keraton Sumenep dan berlangsung dari Rabu (31/07/2024) hingga Sabtu 03 Agustus 2024.

Ketua KPU Sumenep, Nurus Syamsi menjelaskan bahwa kirab maskot ini merupakan bagian dari sosialisasi Pilkada 2024 yang perlu dilakukan untuk menginformasikan kepada masyarakat. Hal ini dilandaskan pada peraturan yang berlaku terkait Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota.

Komisioner KPU Jatim, Miftahur Rozaq berharap kirab maskot dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024 dan mengingatkan agar tidak ada golput. Menurutnya, dengan menggunakan hak pilihnya, masyarakat dapat menentukan pemimpin yang berkualitas untuk Sumenep dan Jawa Timur ke depan.

Dalam kegiatan ini, dilakukan penandatanganan deklarasi Pilkada Serentak Jawa Timur 2024 oleh seluruh partai politik, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, jajaran Forkopimda, dan pihak lainnya.

Penulis: Wildan Mukhlishah Sy
Editor: Mahrus Sholih

*Berita ini dapat ditemukan juga di Google News SUARA INDONESIA.*