Budi Karya: Mendukung Banyuwangi dengan Meningkatkan Sarana Transportasi

by -70 Views

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung peningkatan sarana transportasi di Banyuwangi
SUARA INDONESIA, BANYUWANGI – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sangat mengapresiasi event pariwisata yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Hal ini disampaikannya ketika ia hadir dalam acara balapan sepeda Tour de Banyuwangi Ijen (TdBI) di Banyuwangi, Rabu (24/7/2024), yang dihadiri oleh Bupati Ipuk Fiestiandani.
Budi Karya mengungkapkan bahwa tidak mudah bagi pemerintah daerah untuk menggelar event berskala internasional yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara. TdBI yang telah digelar sebanyak sembilan kali menunjukkan bahwa Banyuwangi memiliki potensi pariwisata yang cukup mumpuni.
“Kita lihat Banyuwangi sangat kreatif dan menjadi tujuan wisata yang andal, serta menjadi contoh bagi daerah-daerah lain,” kata Budi Karya.
Menhub akan mendukung pengembangan sektor pariwisata di Banyuwangi dengan menyediakan sarana transportasi yang memadai, seperti kereta api, RoRo, dan bus. Budi Karya juga menyampaikan bahwa akan ada rute kereta api baru Jakarta-Banyuwangi yang dijadwalkan diresmikan pada Jumat (26/7/2024).
Selain itu, Kemenhub juga akan membangun sky bridge yang menghubungkan Stasiun Ketapang dengan Pelabuhan Ketapang dengan anggaran pada APBN 2025. Budi Karya juga berencana untuk meningkatkan frekuensi penerbangan menuju Banyuwangi, untuk mendukung pertumbuhan pariwisata di daerah tersebut.
Peningkatan sarana transportasi di Banyuwangi diharapkan dapat memudahkan wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Banyuwangi.
“Banyuwangi menjadi destinasi wisata yang lebih andal sehingga mendorong pagelaran festival jadi semakin baik lagi,” kata Budi Karya.
Tujuan peningkatan fasilitas dan layanan transportasi di Banyuwangi adalah untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata di daerah tersebut, dalam rangka memenuhi instruksi Presiden untuk mendukung proyek-proyek pengembangan pariwisata di berbagai daerah.