Ryan Cavanagh Menjadi Juara di Etape Pertama, Tour de Banyuwangi Ijen 2024 dalam Pertarungan Sengit

by -54 Views

Pembalap Australia Ryan Cavanagh dari Kinan Racing Team Jepang menjadi juara dalam etape pertama Tour de Banyuwangi Ijen (TdBI) 2024, Senin (22/7/2024). Ryan menyelesaikan rute sepanjang 136,2 kilometer dengan waktu 2 jam 45 menit 12 detik. Kemenangan ini membuat Ryan berhak atas Ijen Sulfur Jersey sebagai pemimpin balapan.

Di etape pertama ini, pembalap berlomba dari SMKN Tegalsari, Kecamatan Tegalsari menuju kantor Pemkab Banyuwangi dengan tiga titik sprint intermediate. Pada kilometer 40, dua pembalap melakukan breakaway tetapi berhasil disergap oleh kelompok besar.

Pada kilometer 60, sembilan pembalap melakukan breakaway menjadi kelompok utama dan tak terkejar hingga garis finish. Ryan berhasil menjadi juara diikuti oleh Boris Clark dari St George Continental Cycling Team Australia di peringkat kedua dan Muh Imam Arifin dari Tim Nusantara Indonesia di peringkat ketiga.

Kemenangan ini membuat Ryan berhak atas Ijen Sulfur Jersey dan G-Land Jersey dengan total poin 25. Sementara Muh Imam Arifin menjadi pembalap Indonesia tercepat dan berhak mengenakan Gandrung Jersey setelah finish di posisi ketiga.

Pimpinan TdBI 2024, Guntur Priambodo, menjelaskan bahwa etape pertama dengan rute relatif datar sangat cocok untuk pembalap sprinter. Kemenangan ini memberikan modal berharga bagi Ryan dalam menghadapi etape-etape selanjutnya.

Ryan berhasil menunjukkan keunggulan strategi tim Kinan serta ketangguhan fisik dan mental di lintasan balap. Dengan kemenangan ini, Ryan menjadi salah satu pembalap yang diwaspadai di TdBI 2024 dan diharapkan terus bersaing di etape-etape mendatang yang menawarkan tantangan berbeda.

Tour de Banyuwangi Ijen 2024 akan berlangsung hingga etape keempat pada Kamis (25/7/2024) dengan setiap etape memberikan cerita tersendiri. Kemenangan impresif Ryan di etape pertama ini semakin menarik minat penonton dan penggemar balap sepeda.