PMI Cilacap Siap Hadapi Kasus Kecelakaan di Sekolah dengan Memberikan Pembekalan PP kepada Pembina PMR

by -209 Views

Sejumlah Pembina Palang Merah Remaja (PMR) saat praktek memberikan pertolongan saat kegiatan pembekalan PP yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) Cilacap. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap memberikan pembekalan tentang pertolongan pertama (PP) kepada Pembina Palang Merah Remaja (PMR) se-Kabupaten Cilacap.

Pembekalan dilakukan selama tiga hari, dimulai tanggal 2-4 Juli 2024, diikuti puluhan Pembina PMR perwakilan 24 PMI Kecamatan, terdiri dari Pembina PMR Mula tingkat SD/MI, PMR Madra tingkat SMP/MTS, dan Pembina PMR Wira tingkat SMA/SMK/MA.

Staf Markas PMI Kabupaten Cilacap R. Endro Teguh Kusumo mengatakan bahwa pembekalan pertolongan pertama ini sangat penting untuk kesiapsiagaan petugas PMR dalam menghadapi kasus kecelakaan di sekolah. PMR merupakan salah satu relawan penting bagi PMI karena memainkan peran sebagai kepanjangan tangan PMI di sekolah.

Tujuan dari pembekalan ilmu PP ini adalah agar para Pembina PMR menjadi terlatih dan dapat menularkan pengetahuan tersebut kepada adik-adik PMR sesuai tingkatannya melalui pembinaan di sekolah, minimal untuk persiapan diri sendiri.

Materi pertolongan pertama yang diberikan masih sederhana, mulai dari penanganan kasus-kasus kecil seperti pingsan, mimisan, asma, hingga luka ringan. Pembekalan ini penting agar penanganan kecelakaan di sekolah bisa dilakukan dengan cepat dan benar.

Kegiatan ini dilakukan untuk pertama kalinya karena dibutuhkan tenaga fasilitator di bidang PP. Program ini diharapkan dapat menyebarkan pengetahuan tentang pertolongan pertama ke masyarakat luas agar kesalahan dalam penanganan kecelakaan bisa diminimalisir.

Diharapkan melalui pembekalan ini, penanganan kecelakaan di sekolah dapat dilakukan dengan baik dan benar agar korban dapat ditangani dengan cepat. Kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan penanganan atau evakuasi yang tidak tepat dapat memperparah kondisi korban hingga menyebabkan kematian.

Pewarta: Satria Galih Saputra
Editor: Mahrus Sholih

(Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA)