Agus Fatoni Ditetapkan Menjadi Pj Gubernur Sumut Menggantikan Hassanudin Menjelang Pilkada 2024 – Waspada Online

by -303 Views

MEDAN, Waspada.co.id – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, Presiden Joko Widodo menunjuk Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah, Agus Fatoni sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu).

Agus akan menggantikan Hassanudin yang dikabarkan menjabat sebagai Pj Nusa Tenggara Timur (NTB). Agus lahir di Lampung pada 9 Juni 1972 dan sebelumnya juga pernah menjadi Pj Gubernur Sumatera Selatan.

“Sudah ditunjuk Pak Presiden, beliau adalah Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Pak Agus Fatoni, yang akan menggantikan Pak Hasanudin,” kata Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumut, Harianto Butarbutar saat dikonfirmasi, Sabtu (22/6).

Harianto mengatakan, Agus Fatoni akan dilantik sebagai Pj Gubernur Sumut oleh Mendagri Tito Karnavian, di Gedung Kemendagri, Jakarta, Senin 24 Juli 2024 sore.

“Pak Sekdaprov Sumut dan Forkopimda lainnya di Sumut diundang untuk menghadiri pelantikan tersebut,” ujarnya.

Terkait dengan alasan pergantian Hassanudin, Harianto menyatakan bahwa itu sepenuhnya merupakan wewenang Pemerintah Pusat.

Namun menurutnya, pergantian tersebut sudah melalui kajian dan pertimbangan yang matang. Oleh karena itu, seluruh elemen masyarakat Sumut diharapkan terus mendukung jalannya pemerintahan di Sumut.

“Penunjukan Pak Agus Fatoni sesuai Keppres,” tambahnya. (wol/man/d1)

Editor AGUS UTAMA