Bawaslu Banyuwangi Minta Fokus Cegah Pelanggaran Pilkada dengan Melantik 75 Anggota Panwascam

by -102 Views

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Banyuwangi telah melantik 75 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Pelantikan anggota Panwascam Banyuwangi ini berlangsung di Hotel Ketapang Indah pada Sabtu (25/5/2024).

Komisioner Bawaslu Banyuwangi, Joyo Adi Kusumo, menegaskan pentingnya peran Panwascam dalam mengawal proses demokrasi agar berjalan dengan jujur, adil, dan transparan. Para anggota Panwascam yang dilantik diharapkan dapat bekerja dengan integritas dan profesionalisme tinggi dalam mengawasi seluruh tahapan Pilkada di tingkat kecamatan.

Bawaslu meminta agar Panwascam fokus pada pengawasan dan pencegahan pelanggaran di setiap tahapan Pilkada 2024. Mereka juga diminta untuk menjaga kondusifitas wilayah selama proses Pilkada dan bekerjasama dengan pemangku kepentingan lainnya.

Proses seleksi anggota Panwascam melibatkan berbagai tes dan wawancara. Mereka diharapkan segera berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan di kecamatan masing-masing untuk mempersiapkan pengawasan yang optimal terhadap pelaksanaan Pilkada.

Bawaslu berharap pengawasan terhadap pelaksanaan Pilkada di tingkat kecamatan dapat berjalan lebih efektif dan efisien, demi terciptanya pemilu yang bersih dan berkualitas.