Mobil Elf Mengangkut Turis China Terlibat Kecelakaan di Jalur Ijen Banyuwangi, 15 Orang Mengalami Luka-luka

by -86 Views

Kondisi mobil Elf yang membawa rombongan wisatawan asal China terguling di jalur Ijen, Banyuwangi. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI – Mobil Isuzu Elf bernopol L 7033 PRK membawa rombongan wisatawan asing asal China terguling di jalur Ijen, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun akibat kecelakaan tunggal ini, 15 wisatawan asal China mengalami luka-luka.

Kanit Gakkum Satlantas Polresta Banyuwang, Iptu Heru Slamet Hariyanto mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada Jumat (24/5/2024) pukul 09.30 WIB. “Kecelakaan terjadi saat rombongan wisatawan dari China ini baru turun dari Ijen,” kata Heru kepada wartawan.

Mobil Elf dikemudikan oleh Hasan Ashary (39), asal Mojokerto, Jawa Timur. Dugaan sementara, kecelakaan ini dipicu oleh kurangnya kehati-hatian pengemudi. Mobil mendadak kehilangan kendali saat turunan Sengkan Mayit, Desa Tamansari, menabrak pembatas jalan dan terguling hingga rusak parah.

Wisatawan China yang menjadi penumpang mobil travel tersebut mengalami luka-luka dan dievakuasi ke Puskesmas Licin. Polisi segera merespons ke lokasi, di mana mobil travel yang terguling sempat menutup akses jalan dan mengalami kerusakan di bagian depan dan belakang.

Polisi masih melakukan evakuasi mobil ini, dengan perkiraan kerugian mencapai Rp 20 juta. Penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan, namun dugaan sementara adalah kondisi jalan licin dan kurangnya kehati-hatian pengemudi saat berkendara.

Kecelakaan di jalur Sengkan Mayit ini sering terjadi akibat kondisi jalan yang menikung dan menurun tajam. Beberapa tahun lalu, satu keluarga mengalami kecelakaan mematikan ketika mobil mereka nyungsep ke jurang.