Timnas U-23 Berpotensi untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 – Waspada Online

by -85 Views

JAKARTA, Waspada.co.id – Timnas U-23 masih memiliki kesempatan untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 menggantikan Israel. Hal ini dikarenakan Israel kemungkinan akan dikeluarkan dari FIFA setelah rentetan tindakan kekejian terhadap Palestina.

Jika hukuman itu diberlakukan, Israel tidak akan diizinkan untuk berkompetisi dalam turnamen sepak bola yang terkait dengan FIFA, termasuk Olimpiade. Meskipun demikian, Israel sudah berhasil lolos ke babak utama setelah menjadi semifinalis Euro U-21 2023.

Israel berhasil lolos setelah mengalahkan Georgia melalui adu penalti dengan skor 4-3. Namun, Israel kalah di semifinal dari Inggris dengan skor 0-3. Meskipun demikian, Israel tetap berhak untuk lolos ke Paris karena menjadi salah satu dari empat tim terbaik di Euro U-21 2023.

Namun, Israel berisiko tidak bisa tampil karena FIFA akan mengadakan rapat darurat pada 20 Juli mendatang untuk membahas masa depan negara tersebut sebagai anggota FIFA. Jika benar-benar dikeluarkan, maka Israel tidak akan bisa berkompetisi di Olimpiade Paris 2024.

Timnas U-23 bisa mendapat keuntungan dari situasi ini karena mereka bersaing dengan Guinea untuk mendapatkan tiket terakhir ke Paris melalui playoff. Namun, kemungkinan besar FIFA akan memberikan slot kepada Georgia sebagai wakil Eropa karena Asia sudah diwakili oleh Jepang, Uzbekistan, dan Irak. (wol/aa/okz/d1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL