Perkutut dari Berbagai Daerah Beraksi di LPJT Bupati Cup II Situbondo

by -84 Views

Syamsuri
18 Mei 2024 | 12:05 Dibaca 47 kali

Berita
Seribu Perkutut dari Berbagai Daerah Meriahkan LPJT Bupati Cup II Situbondo

Bupati Situbondo, Karna Suswandi didampingi panitia saat membuka lomba LPJT Bupati Cup II Situbondo di Lapangan PG Wringin Anom. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO – Sebanyak seribu penghobi burung perkutut dari berbagai daerah memeriahkan Liga Perkutut Jawa Timur (LPJT) Bupati Cup II Situbondo. Kegiatan yang ditempatkan di Lapangan PG Wringin Anom tersebut berlangsung selama dua hari, Sabtu hingga Minggu (18-19 Mei 2024).

Ketua Panitia LPJT Bupati Cup II Situbondo, Samsuri mengatakan, peserta yang mengikuti lomba ini berasal dari berbagai daerah, tetapi sebagian besar dari wilayah Provinsi Jawa Timur.

“Walaupun kegiatan ini event regional, tetapi dalam lomba kali ini ada peserta yang dari luar Jawa Timur. Yaitu dari Bali, Solo, bahkan ada juga peserta yang dari Bandung,” ucapnya.

Menurutnya, lomba ini dibagi tiga kategori. Pertama, piyek yunior usia 4 bulan hingga 1 tahun. Kedua hanging usia 2 bulan hingga 4 bulan, serta kategori dewasa, bebas dari usia 1 tahun ke atas.

“Untuk burung yang dilombakan hari ini sebanyak 600 perkutut dengan kategori piyek dan hanging. Sedangkan untuk kategori dewasa bebas, diikuti sebanyak 400 perkutut dan akan digelar Minggu besok. Jadi total perkutut yang ikut lomba di Situbondo selama dua hari totalnya 1.000 perkutut,” jelasnya.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk membangun persatuan dan kesatuan sesama komunitas atau penggemar burung perkutut. Selain itu, juga membangun ajang silahturahmi antara komunitas atau penggemar burung perkutut di Jawa Timur dan sekitarnya.

“Memberikan kesempatan dan fasilitas kepada para komunitas pecinta burung perkutut untuk menguji kualitas dan melatih mental burung perkututnya. Tentu dengan demikian harus melalui proses penilaian dari dewan juri. Dan bagi peserta yang burung perkututnya oleh juri nilainya dianggap bagus, maka akan diberikan penghargaan,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi menegaskan, LPJT Bupati Cup II Situbondo yang digelar mulai hari ini merupakan event tahunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Situbondo.

Pihaknya berharap, pesertanya semakin meningkat. “Dan semua masyarakat penggemar burung perkutut dari luar daerah selain datang ke Situbondo juga akan mengetahui, bahwa setiap tahun sekali di Kabupaten Situbondo ini ada agenda rutin liga perkutut,” bebernya.

Kata Bung Karna, lomba burung perkutut baik tingkat regional Jawa Timur maupun tingkat nasional di Situbondo ini setiap tahun akan terus dilaksanakan.

Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, juga melestarikan burung perkutut. Oleh karena itu, kegiatan ini harus dilanjutkan di tahun-tahun yang akan datang.

“Sebab saya melihat para penghobi burung perkutut dari luar daerah sangat antusias dalam mengikuti event ini,” terangnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga berharap agar kegiatan ini terus berlanjut sebagai upaya memperkokoh ajang silaturrahmi antara penghobi atau maniak burung perkutut di seluruh nusantara.

Untuk diketahui, bagi peserta yang beruntung akan mendapatkan beberapa, mulai dari sepeda motor, kulkas, sepeda gunung dan hadian menarik lainnya. Untuk doorprize-nya yaitu satu unit mobil. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih